Peresmian MAN 1 Pekanbaru Lokal Muara Fajar

Peresmian MAN 1 Pekanbaru Lokal Muara Fajar
Foto bersama di bangunan yang baru. FOTO: ade

PEKANBARU, RiauAktual.com - Rabu (8/10) MAN 1 Pekanbaru, mengadakan syukuran dan doa selamat atas beroperasinya MAN 1 Pekanbaru lokal muara fajar sekaligus penanaman 1000 pohon. Acara tersebut dihadiri oleh Kakanwil Riau,Kemenag kota Pekanbaru,Camat Rumbai, KUA Rumbai kepala-kepala SMP/MTs daerah Muara fajar dan tokoh masyarakat.

Wakil Kepala MAN 1 Lokal Jauh Muara Fajar Agus Salim Tanjung, mengatakan, bahwa pihaknya telah mulai menerima siswa pada tahun ajaran 2014/2015 ini. Lahan berdirinya MAN 1 Lokal Jauh Muara Fajar ini merupakan wakaf dari Rumah Sakit (RS) Awal Bros.

"Lokal jauh ini dibangun untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, khususnya masyarakat Kecamatan Rumbai dan Rumbai Pesisir yang ingin menyekolahkan anak mereka ke jenjang Madrasah Aliyah Negeri (MAN), untuk itu MAN 1 Pekanbaru membuka lokal jauh di Kelurahan Muara Fajar dengan nama MAN 1 Pekanbaru Lokal Muara Fajar,"ujar Agus.

Diakui Agus, sejauh ini MAN 1 Lokal Jauh Muara Fajar cukup mendapat sambutan yang begitu antusias dari masyarakat sekitar, khususnya masyarakat Muara Fajar. Terbukti, tahun ini MAN 1 berhasil menerima siswa untuk beberapa lokal yang sudah disediakan.

"Alhamdulillah antusias dari masyarakat cukup tinggi. Untuk fasilitas kami memiliki empat Ruang Kelas Belajar (RKB). Selain itu ada beberapa fasilitas pendukung lainnya, seperti kelas full AC, wifi, mushala, arena olahraga, perpustakaan dan fasilitas pendukung lainya," tambahnya.

Lebih lanjut, MAN 1 Lokal Jauh Muara Fajar tengah menuju sekolah berbasis lingkungan. Untuk itu pihak madrasah menerapkan materi lingkungan kepada siswa. Sehingga, rasa cinta akan lingkungan bisa ditanamankan kepada siswa sejak dini. Agar mereka bisa menjadi pelopor lingkungan dan kebersihan, tidak hanya di sekolah tapi dimana pun berada.

"Makanya hari ini selain acara syukuran lokal Muara Fajar kita juga meminta para tamu undangan bersedia menanam pohon setelah acara selamatan digelar,"tutur Agus.

Kakanwil Provinsi Riau, Tarmizi Tohor menyambut baik dengan dibuatnya lokal jauh Muara Fajar ini. Ia menyampaikan rasa terimakasih kepada Rumah sakit Awal Bros yang telah mewakafkan tanahnya kepada MAN 1 Pekanbaru untuk dibangun lokal jauh Muara Fajar.

"Peresmian MAN 1 lokal jauh Muara Fajar ini ingin mencoba mengembangkan sekolah negeri degan membangun lokal jauh. Kedepan kita berharap bisa berdiri sendiri dan untuk masyarakat sekitar bisa menyekolahkan anaknya di sini. Saya juga berharap MAN 1 lokal jauh dapat menjaga kualitas seperti induk, untuk pengajar sendiri masih dari guru-guru sekolah induk,"harap Tarmizi.

Tarmizi juga mempunyai target 2-3 tahun, MAN 1 lokal jauh Muara Fajar bisa berdiri sendiri. Sedangkan masalah infrastrukturnya akan terus di gesa dengan Kemenag pusat. (ade)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index