Pansus LKPj Dewan Beri Target yang Harus Dicapai Firdaus dalam RPJMD

Pansus LKPj Dewan Beri Target yang Harus Dicapai Firdaus dalam RPJMD
Penandatangan paripurna pansus LKPj.

PEKANBARU (RA) - Setelah dilakukan pembahasan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) dalam Musyawarah Rencana Pembangunan Daerah (Musrembangda), terhadap Laporan Pertanggungjawaban Tahun 2011, Kamis (26/7) DPRD Kota Pekanbaru melakukan rapat paripurna guna melaporkan hasil pembahasan Panitia Khusus (Pansus) yang dibentuk oleh DPRD Kota Pekanbaru guna membentuk RPJMD Walikota Pekanbaru, Firdaus MT.

Rapat paripurna yang dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Kota Pekanbaru, Desmianto dihadiri oleh Walikota Pekanbaru, Firdaus MT, Wakil Walikota Ayat Cahyadi S Si, Satuan Kerja Perangkat Daerah, Kepala Kecamatan, Kepala Dinas, dan disaksikan oleh anggota DPRD Kota Pekanbaru. Dari hasil pembentukan RPJMD oleh Pansus DPRD untuk Walikota Pekanbaru, terdapat banyak 'PR' bagi Walikota yang baru saja dilantik akhir Tahun 2011 lalu.

"Memang banyak terdapat yang inti, seperti kelemahan-kelemahan Pemko selama ini, dalam mengelolah keuangan masih perlu pembenahan, karena sebagai Walikota baru, memang Firdaus banyak ditinggalkan pekerjaan oleh Walikota lama, Herman Abdullah dan Syamsurizal. Makanya, dalam Pansus RPJMD tersebut, banyak target yang harus dikejar oleh Wako untuk tahun 2013 nanti," ungkap Wakil Ketua DPRD Kota Pekanbaru, Dian Sukheri S Ip ketika dikonfirmasi usai rapat paripurna.

Dengan ditargetkan dalam RPJMD, kinerja Walikota yang ada saat ini akan dapat diukur, karena targetnya jelas. Berbeda dengan kepemimpinan walikota yang lalu, RPJMD walikota dipaparkan secara garis besar. Untuk itu, menurut Dian, kinerja walikota saat ini akan dapat diketahui pada 2013 mendatang, apakah sudah terealisasi secara keseluruhan atau hanya sebagian saja.

"Wako baru harus bisa mendapatkan WTP dimasa mendatang. Catatan yang diberikan anggota Pansus tadi juga cukup banyak, makanya ini perlu kerja keras dari Walikota untuk pencapaian. Ini memang tak gampang dicapai, butuh kerja keras dan memperbaiki dalam segala bidang, permasalahan yang terprogram dalam RPJMD itu harus bisa diselesaikan," pungkas Dian.

Walikota Pekanbaru, Firdaus MT yang ditemui usai rapat paripurna menyebutkan, seiring telah disampaikannya laporan dari Pansus LKPJ-RPJMD, pihaknya akan segera menindaklanjuti. Karena, apa yang disampaikan anggota Pansus dewan tersebut, memang menjadi persoalan yang akan diselesaikan dalam pembangunan jangka menengah Walikota Pekanbaru.

"Alhamdulillah, DPRD telah menyelesaikan Pansus LKPj 2011 tepat waktu. Kita ucapkan terimakasih kepada anggota Pansus, kepada semua anggota dewan yang melakukan pembahasan LKPj ini semoga mendapatkan balasan pahala dari allah. Semua yang ada dalam pembahasan tadi, akan kita tindak lanjuti, tentang pengendalian dan mnenggali potensi sumber-sumber PAD, ini yang akan kita benahi," ungkap Firdaus.

Firdaus juga mengakui, saat ini masih banyak kelemahan-kelemahan sumber daya manusia di Kota Pekanbaru, terlebih dalam pembahasan pengelolahan keuangan. Maka, Firdaus berkeinginan untuk memberikan pengelolahan keuangan tersebut kepada outsoursing yang handal dalam segi keuangan.

"Selain itu, kita juga memiliki aset yang saat ini belum diberi sertifikat, itu terdiri dari aset tidak bergerak seperti lahan kita, ini yang akan kita buat sertifikasinya. Selanjutnya pembangunan sarana pendidikan dan sarana kesehatan bagi masyarakat, karena masih ada pengerjaan proyek 2011 yang tidak selesai, sehingga dilanjutkan pada 2012 ini," pungkasnya. (RA1)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index