Ditanya tentang Dana BOS, Kadisdik Tak Tahu Apa-apa

Ditanya tentang Dana BOS, Kadisdik Tak Tahu Apa-apa
Zulfadil

PEKANBARU (RA) - Hal yang aneh terlihat pada Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kota Pekanbaru yang telah dilantik oleh Walikota Pekanbaru lebih kuran sebulan yang lalu, Zulfadil. Seharusnya, seorang Kepala Dinas Pendidikan, telah memahami seluk beluk pendidikan, tapi ketkad ditanyakan tentang dana Biaya Operasional Sekolah (BOS), Zulfadil tampak sangat polos dan tak tahu apa-apa mengenai hal itu.

"Belum banyak yang saya tahu ini. Beginilah, ke Sekretarislah dulu, atau barang kali besoklah saya ini, minta anu lah saya dulu, ya," ungkap Zulfadil ketika ditemui di gedung DPRD usai menghadiri rapat paripurna, Kamis (26/7).

Melihat kelakuan aneh dari pejabat Pemko yang semulanya sebagai guru besar di salah satu perguruan tinggi negeri di Provinsi Riau dengan gelar profesor yang disandangnya, menimbulkan banyak pertanyaan dari kalangan wartawan khususnya dan masyarakat pada umumnya. Seperti yang dikatakan Wakil Ketua Komisi III DPRD Pekanbaru, Aprizal DS yang membidangi masalah Pendidikan. Menurut wakil rakyat ini, dirinya sebagai masyarakat merasa sangat kecewa atas pernyataan dari seorang Kepala Dinas lingkungan Pemko tersebut. Apalagi Kepala Dinas itu adalah Dinas Pendidikan, yakni segala sektor ilmu ada di dalamnya, tentu seorang Kadisdik harus telah mempelajari tentang pendidikan terlebih dahulu sebelum duduk di kursi Disdik.

"Tidak wajar rasanya seorang Kepala Dinas mengatakan tidak tahu masalah penggunaan dana BOS. Masalah dana BOS ini bukanlah hal yang baru, ini sudah kebijakan bertahun-tahun. Seharusnya, seorang kepala dinas sudah paham masalah itu, jauh hari sebelum dia dilantik menjadi kepala dinas," ngkap Aprizal DS ketika ditemui di ruang kerjanya.

Padahal, dana BOS tersebut hampir setiap guru dan pegawai Dinas Pendidikan memahami bagaimana pelaksanaannya dan tata cara pembagian. Tentu Aprizal DS terperanjat ketika mendengar pengakuan seorang Kepala Dinas Pendidikan yang mengaku tidak tahu bagaimana penyaluran dana BOS.

"Kalau dia berkata saat ini dirinya belum mengetahui secara rinci berapa anggaran dana yang masuk, itu hal wajar karena baru saja dilantik. Namun, kalau tidak tahu seluruhnya seputar dana BOS, tentu ini hal yang sangat tidak wajar sekali terjadi," tegasnya. (RA1)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index