SMPN 34 Pekanbaru Menuju Sekolah Adiwiyata

SMPN 34 Pekanbaru Menuju Sekolah Adiwiyata
Kepala SMPN 34 Pekanbaru Muhammad Syafri SPd. FOTO: ade

PEKANBARU, RiauAktual.com - SMPN 34 Pekanbaru yang berada di Jalan Kartama Marpoyan Damai tengah menuju sekolah berwawasan lingkungan atau yang dikenal sekolah Adiwiyata.

Wujud nyata menjadi sekolah Adiwiyata, pihak sekolah terus berupaya menciptakan lingkungan sekolah yang bersih dan asri.

"Adiwiyata adalah salah satu program Kementerian Lingkungan Hidup dalam rangka mendorong terciptanya pengetahuan dan kesadaran warga sekolah sebagai upaya pelestarian lingkungan hidup. Warga sekolah, mulai dari guru, pegawai dan murid sudah berkomitmen untuk menerapkan program wawasan lingkungan sebagai bentuk keseriusan menuju sekolah adiwiyata. Salah satu yang kami lakukan adalah melaksanakan program penghijauan setiap Sabtu dengan pembuatan taman sekolah," ujar Kepala SMPN 34 Pekanbaru Muhammad Syafri SPd, Rabu (27/8/2014).

Dikatakannya, dalam pelaksanaan program penghijauan tersebut, pihaknya juga menjalin kerjasama dengan orangtua siswa dan komite sekolah. Sebab, untuk menuju sekolah adiwiyata kerjasama dengan orang tua siswa dan komite suatu poin yang penting.

"Program wawasan lingkungan ini bertujuan untuk menanamkan rasa cinta terhadap lingkungan kepada para siswa. Sehingga, mereka mengerti betapa pentingnya menjaga kelestarian lingkungan dan apa dampak yang akan ditimbulkan dari kerusakan lingkungan," tambahnya.

Lebih lanjut, lingkungan yang bersih, indah dan asri juga akan memberikan kesan yang baik bagi siswa saat mengikuti proses pembelajaran. Sebab, lingkungan sekolah yang bersih dan indah akan memberikan kesan nyaman kepada siswa. Dimana hal itu sangat mendukung tumbuh kembangnya semangat belajar anak secara optimal.

"Jika lingkungan sudah bersih, tentunya siswa lebih nyaman dan bisa lebih konsentrasi dalam menyerap setiap ilmu pengatahuan yang diberikan oleh guru. Sehingga dampaknya bisa terlihat dari prestasi yang jauh lebih baik lagi kedepannya," tutur Syafri.

Menurutnya, orangtua siswa telah banyak membantu tanaman dan bunga kepada sekolah. Ini bentuk partisipasi dan dukungan dari orangtua siswa kepada sekolah, dan pihak sekolah patut menghargai dan diberikan aprisiasi. Untuk itu sekolah optimis target, menuju sekolah adiwiyata dapat terwujud. (ade)

Editor: Riki

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index