Jakiman: Penerapan Kurikulum 2013 Terkesan Dipaksakan

Jakiman: Penerapan Kurikulum 2013 Terkesan Dipaksakan
Ilustrasi. FOTO: int

PEKANBARU, RiauAktual.com - Pemerhati pendidikan yang juga ketua PGRI Kota Pekanbaru Jakiman, menyebutkan penerapan kurikulum 2013 terkesan dipaksakan. Menurut Jakiman, pemerintah seharusnya tidak memaksakan penerapan kurikulum 2013 tersebut. Karena sampai saat ini banyak sekolah dan guru yang tidak siap menerapkan kurikulum terbaru tersebut.

"Di lapangan, ketika ditanyakan ke sekolah dan para guru ternyata banyak guru yang tidak siap dan tidak menguasai pelaksanaan kurikulum 2013 tersebut. Seperti sistim penilaiannya, belum adanya buku paket dan belum ada alat peraga dan penunjang lainnya," katanya, kemarin Rabu.

Lebih lanjut, Jakiman mengatakan, masih banyak guru yang belum memahami kurikulum 2013 tersebut. "Artinya kompetensi guru belum siap, perubahan kurikulum ini mengalami perubahan secara keseluruhan. Dengan sistem seperti ini juga harus dipahami oleh guru secara baik," paprnya.

Jakiman mangaalogikan seperti berperang sambil berlatih. Sebenarnya berlatih dahulu baru berperang. Sama dengan penerapan kurikulum 2013. Diterapkan sambil belajar. Hal ini tidak akan berhasil. Untuk itu ia menyarakan penerapan kurikulum pada tahun ajaran 2015 ini hendaknya dilakukan secara bertahap yakni di sekolah sasaran saja dahulu. Tidak secara menyeluruh.

Jakiman juga yakin penerapan kurikulum 2013 pada tahun 2015 secara menyeluruh terkesan pemaksaan dan tidak akan berhasil. "Saya yakin penerapan kurikulum 2013 tidak akan berhasil. Karena terkesan dipaksakan," tutup Jakiman. (ade)

Editor: Riki

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index