Akibat Kemarau Panjang

Hutan Aceh di Takengaon Terbakar

Hutan Aceh di Takengaon Terbakar
Kebakaran hutan di Aceh. FOTO: Hasbi (Kontributor Aceh)

ACEH TENGAH, RiauAktual.com - Hutan Aceh di Takengon, Aceh Tengah, kawasan Linge, hangus terbakar dilalap si jago merah sejak Kamis kemarin. Kepala Badan Ketahanan Pangan Aceh Drs Hasanuddin Darjo MM, menyaksikan kebakaran tersebut sesaat ingin ke Gayo Lues pertengahan pekan kemarin.

Pemuda Tani Indonesia HKTI Aceh melalui ketuanya Tarmizi A Gani, sangat menyayangkan situasi yang terjadi di Aceh Tengah saat ini. "Hal-hal yang beginian diperlukan tindakan segera sebelum menjadi bencana besar buat hutan asli, ekosistim hutan, polusi udara dan ancaman buat kehidupan masyarakat," kata Tarmizi saat ditemui wartawan, Sabtu (9/8/2014).

Pemerintah Aceh dalam hal ini Pemerintah Aceh Tengah, kata Tarmizi, diminta untuk tidak melakukan pembiaran terhadap kondisi kebakaran ini dan jika
perlu diusut hingga tuntas apakah hutan yang sedang terbakar ada unsur kesengajaan atau tidak.

"Diharap semua pihak proaktif menjaga dan membangun negeri ini, jangan hanya untuk kepetingan sesaat," ujarnya.

Tidak hanya di Aceh Tengah, di Gayo Lues juga terjadi kebakaran hutan. Kebakaran yang cukup parah di tengah kemarau panjang ini juga diakui Bupati Gayo Lues H Ibnu Hasim, yang ditemui di kediamannya.

Namun menurut Ibnu, pemerintah sudah mengatasinya dan akan terus melakukan pantauan. "Sudah ada tindakan untuk mengatasi kebakaran selanjutnya dan dipantau di lapangan," pungkasnya singkat. (hasbi)

Editor: Riki

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index