Koalisi Masyarakat Sipil Lakukan Refleksi Dua Tahun Kepemimpinan Bupati Bireuen

Koalisi Masyarakat Sipil Lakukan Refleksi Dua Tahun Kepemimpinan Bupati Bireuen
Refleksi Dua Tahun Kepemimpinan Bupati dan Wakil Bupati Bireuen di Bireuen. FOTO: hasbi

BIREUEN, RiauAktual.com - Koalisi Masyarakat Sipil Bireuen, menyelenggarakan sebuah pertemuan dengan tema Refleksi Dua Tahun Kepemimpinan Bupati dan Wakil Bupati Bireuen, Rabu (6/8/2014).

Mukhlis Munir, yang memimpin diskusi tersebut menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan bersama masyarakat sipil Bireuen, yang diinisiasi oleh GaSak (Gabungan Solidaritas Anti Korupsi).

"Diskusi ini mebahas kinerja pemerintah Bireuen dua tahun kepemimpinan Harusmuda dengan mensikronkan visi dan misi, kebijakan dan dampak yang terjadi di tengah masyarakat dalam kaca mata sivil sociaty," kata Muklis, Kamis (7/8/2014).

Sudarman, team leader Perkumpulan Bima dalam diskusi tersebut mengatakan, melakukan refleksi atau bisa dikatakan renungan dua tahun bupati Bireuen ini penting. "Karna selama ini kita tidak temukan adanya evaluasi kinerja atau efektivitas pemerintah Bireuen," ujarnya.

"Maka dengan itu pada tahun kedua kita buat refleksi, nanti tahun ke tiga kita bisa buat lebih fokus dengan berbagai pihak sehingga kita bisa mengambil kesimpulan lebih tegas untuk mendorong efesiensi pemerintahan. Dengan adanya evaluasi sebenarnya kita bisa menilai apakah perencanaan di Bireuen terlibat semua pihak atau hanya duduk dua tiga orang dan kemudian jalankan program," paparnya.

Kesehatan, pertanian, infrastruktur, pendidikan dan pengaruh narkoba antara hal penting yang didiskusikan termasuk kinerja pemerintah secara keseluruhan. "Akses jalan dari kebun ke pasar serta pembangunan ekonomi merupakan hal yang penting disurvey dan didata sehingga kita bisa temukan apakah ini ada penyelewengan anggaran atau tidak, sehingga dengan ada temuan-temuan atau repot yang benar public atau tentang kekurangan dan juga program tepat yang dilaksanakan pemerintah Bireuen," paparnya.

Hasil diskusi yang kemudian didokumentasikan dalam kesimpulan, rencananya akan diserahkan kepada Pemerintahan Bireuen dalam waktu dekat ini.

Muklis Munir menambahkan, seharusnya refleksi dan evaluasi kinerja bupati dan wakil bupati Bireuen (Pemerintah Bireuen) dilakukan oleh partai pengusung kandidat Harusmuda. "Sehingga mereka akan dapat mengukur sejauh mana kinerja bupati terpilih," pungkasnya. (hasbi)

Editor: Riki

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index