Hari Raya Puasa Enam, Wako Ziarah ke Makam Orangtuanya di Kampar

Hari Raya Puasa Enam, Wako Ziarah ke Makam Orangtuanya di Kampar
Wako saat makan di kampungnya. FOTO: ver

PEKANBARU, RiauAktual.com - Pada hari raya puasa enam, Walikota Pekanbaru Firdaus MT, didamping abang kandungnya H Azhar dan Tarmizi Muhammad, adik perempuannya serta keluarga terdekat lainnya melakukan ziarah ke makam kedua orangtuanya di Kabupaten Kampar.

Walikota dan rombongan yang berangkat dari Pekanbaru Senin (4/8/2014) sekitar pukul 11.00 WIB tiba di tempat tinggal adik Firdaus di kampung Muara Uwai. Rombongan langsung bersilahturami dan dilanjutkan dengan acara makan siang.

Menjelang Sholat Zuhur, Walikota didampingi keluarga besarnya berkunjung ke pemakaman Pesantren Darun Nahdha, TB Muara Uwai, Kabupaten Kampar, tempat Ayah dan Ibu orang nomor satu di Pekanbaru ini dimakamkan.

Usai ziarah, wako dan rombongan menggelar sholat berjamaah di Mesjid Pesantren Darun Nahdha. Walikota usai ziarah kepada wartawan mengatakan, ziarah ini tradisi masyarakat Bangkinang, kalau masyarakat umumnya ziarah dilakukan sebelum Idul Fitri.

"Khusus Bangkinang, Ziarah dilakukan hari raya puasa enam, 7 hari setelah Idul Fitri. Ini digelar satu kelompok rukun warga ke kelompok rukun warga lainnya," ujar Wako.

Menurut Wako, ziarah ini selain untuk mendoakan arwah leluhur juga mengingatkan kepada jasa keluarga. "Ini juga jadi ajang reuni teman-teman sengeri. Umumnya anak-anak rantau Bangkinang akan pulang untuk ziaran dan silahturami," tambahnya.

Berdasarkan pengamatan di lapangan, pada hari raya enam ini seluruh warga Kampar memeriahkannya dengan saling berkunjung dan bersalam-salaman. Yang uniknya pada acara hari ini warga Kampar berpakaian khusus yang wanita berpakaian baju kurung, kaum pria berpakaian muslim dilengkapi kain sarung sebagai ciri khas.

Ada berbagai menu yang merupakan makanan khas Kampar disajikan saat hari raya puasa enam itu, yakni lemang bambu dan tapai ketan hitam, ada sari kaya dan aneka menu lainnya dmakan secara lesehan atau bajambau. (ver)



Editor: Riki

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index