Walikota Pekanbaru Minta Pendatang Baru Punya Skill

Walikota Pekanbaru Minta Pendatang Baru Punya Skill
Walikota Pekanbaru Firdaus MT. FOTO: riki

PEKANBARU, RiauAktual.com - Terkait berdatangannya warga baru di Kota Pekanbaru pasca lebaran Idul Fitri 1435 hijriah kemarin, Walikota Pekanbaru Firdaus MT, meminta seluruh pendatang baru mematuhi aturan kependudukan yang berlaku di Pekanbaru.

"Silahkan patuhi aturan yang ada," kata Firdaus, Senin (4/8/2014).

Wako berharap, para pendatang adalah orang-orang yang memiliki keahlian. Sehingga diterima di pasar tenaga kerja. Walikota menjelaskan bahwa kehadiran para pendatang turut mempengaruhi jumlah penduduk yang semakin meningkat.

"Tahun lalu saja, jumlah penduduk baru yang mendaftar Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Pekanbaru dalam sebulan bisa mencapai 2 sampai 3 ribu orang," terangnya.

Bahkan, pasca liburan lebaran tahun lalu, jumlahnya meningkat drastis menjadi 5 ribu orang. "Diprediksi, pasca lebaran tahun ini jumlah pendatang yang ingin berdomisili di Pekanbaru bisa lebih dari 5 ribu orang," ujar Firdaus lagi.

Walikota berharap, para pendatang ini bukan justru menambah angka pengangguran yang sudah ada. Apalagi, Pemerintah Kota tidak bisa menyediakan lowongan kerja untuk semua angkatan kerja.

"Agar para pendatang memberi manfaat yang besar pada kehidupan Kota Pekanbaru, diharapkan mereka terjun di usaha informal. Misalnya menjadi pedagang atau wirausahawan. Dengan demikian, mereka mampu menghidupkan perekonomian daerah dan membuka peluang kerja. Karena itulah, kita berharap orang yang menjadi pendatang memiliki kemampuan yang berpotensi meningkatkan taraf hidupnya," terang Firdaus lagi. (can)



Editor: Riki

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index