Pekanbaru Masih Kekurangan Puskesmas

Pekanbaru Masih Kekurangan Puskesmas
(int)

PEKANBARU (RA) - Pelayanan kesehatan bagi warga kalangan menengah di Pekanbaru masih dinilai kurang. Meski Pemko sudah memaksimal pelayanan dengan membangun 12 puskesmas dan menempatkan 30 tenaga medis.

Hanya saja jumlah tersebut masih sangat kurang karena sesuai ratio pelayanan satu puskesmas hanya bisa melayani 30 ribu.

"Artinya Pekanbaru seharusnya memiliki 33 puskesmas untuk melayani 1 juta jiwa. Untuk itu kita tetap kosentrasi untuk meningkatkan pelayanan kesehatan khususnya masyarakat Pekanbaru. Dalam hal ini sarana prasarana yang akan kita tajamkan pembangunan puskesmas. Rationya sudah tidak sesuai kondisi masyarakat'" .terang Wali Kota Pekanbaru, H Firdaus ST MT  Senin (23/7) disela rapat dengan tenaga medis di ruang rapat Walikota Pekanbaru.

Dijelaskan Walikota Pekanbaru, Tapi itu bukan solusi dalam waktu dekat melainkan memaksimalkan yang ada, dalam rapat evaluasi ini tertuang beberapa permasalahan selain kekurangan puskesmas.

Diantaranya, minimnya tenaga medis yang sesuai disiplin ilmu serta tenaga non medis. Tidak hanya itu, pada
evaluasi tersebut juga diketahui bahwa tingkat kunjungan pasien miskin ke puskesmas menurun.

Dalam hal ini, untuk meningkatkanya Pemko akan melengkapi seluruh fasilitas puskesmas sehingga masyarakat dapat menikmati pelayanan kesehatan.

''Ini harus tetap menjadi prioritas kita, karena ini pelayanan untuk masyarakat. Memang kedepan sudah masuk pada RPJMD untuk pembangunan RSUD Pekanbaru. Saat ini, yang ada kita maksimalkan dulu sehingga masyarakat mendapatkan pelayanan kesehatan dengan maksimal,'' terangnya. (RA5)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index