Rahasia Mencapai Generasi Terbaik

Mari Tilawatul Quran Dalam Gerakan Cinta Al Quran One Day One Juz

Mari Tilawatul Quran Dalam Gerakan Cinta Al Quran One Day One Juz
One Day One Juz. FOTO: ist

PEKANBARU, RiauAktual.com - Generasi sahabat dapat menjadi generasi terbaik karena memiliki ihtimam yang sangat besar terhadap Al-Qur’an. Sayid Qutub dalam bukunya Ma’alim Fii Ath-Thariq menyebutkan tiga faktor yang menjadi rahasia mereka mencapai generasi terbaik seperti itu.

Pertama, karena mereka menjadikan Al-Qur’an sebagai satu-satunya sumber pegangan hidup, sekaligus membuang jauh-jauh berbagai sumber-sumber kehidupan lainnya.

Kedua, ketika membacanya mereka tidak memiliki tujuan-tujuan untuk tsaqafah, pengetahuan, menikmati keindahan ataupun tujuan-tujuan lainnya. Namun tujuan mereka hanya semata-mata untuk mengimplementasikan apa yang diinginkan Allah dalam kehidupan mereka.

Ketiga, mereka membuang jauh-jauh segala hal yang berhubungan dengan masa lalu ketika jahiliyah. Mereka memandang bahwa Islam merupakan titik tolak perubahan, yang sama sekali terpisah dengan masa lalu, baik yang bersifat pemikiran ataupun kebudayaan.

Tilawatul qur’an; itulah kunci utama kesuksesan mereka. Imam Syahid Hasan Al-Banna mengatakan, “Usahakan agar Anda memiliki wirid harian yang diambil dari kitabullah minimal satu juz per hari dan berusahalah agar jangan mengkhatamkan Al-Qur’an lebih dari sebulan dan jangan kurang dari tiga hari.

”Dari Ibnu Abbas r.a., beliau mengatakan ada seseorang yang bertanya kepada Rasulullah saw. “Wahai Rasulullah, amalan apakah yang paling dicintai Allah?” Beliau menjawab, “Al-hal wal murtahal.” Orang ini bertanya lagi, “Apa itu al-hal wal murtahal, wahai Rasulullah?” Beliau menjawab, “Yaitu yang membaca Al-Qur’an dari awal hingga akhir. Setiap kali selesai ia mengulanginya lagi dari awal.” (HR. Tirmidzi).

Keutamaan Membaca al-Qur’an:

Dalam kitab Riyadhus Shalihin, Imam Nawawi memaparkan hadits-hadits yang berkenaan dengan keutamaan membaca Al-Qur’an. Di antaranya:

1. Akan menjadi syafaat bagi pembacanya di hari kiamat. Dari Abu Amamah ra, aku mendengar Rasulullah saw. bersabda, “Bacalah Al-Qur’an, karena sesungguhnya ia akan menjadi syafaat bagi para pembacanya di hari kiamat.” (HR. Muslim).

2. Mendapatkan predikat insan terbaik. Dari Usman bin Affan ra, Rasulullah saw. bersabda, “Sebaik-baik kalian adalah yang mempelajari al-Qur’an dan mengajarkannya.” (HR. Tirmidzi).

3. Mendapatkan pahala akan bersama malaikat di akhirat, bagi yang mahir mambacanya. Dari Aisyah ra, berkata; bahwa Rasulullah saw. bersabda, “Orang yang membaca Al-Qur’an dan ia mahir membacanya, maka kelak ia akan bersama para malaikat yang mulia lagi taat kepada Allah.” (HR. Bukhari Muslim).

4. Mendapatkan pahala dua kali lipat, bagi yang belum lancar. “Dan orang yang membaca Al-Qur’an, sedang ia masih terbata-bata lagi berat dalam membacanya, maka ia akan mendapatkan dua pahala.” (HR. Bukhari Muslim).

5. Akan diangkat derajatnya oleh Allah Dari Umar bin Khatab ra. Rasulullah saw. bersabda,: “Sesungguhnya Allahswt. akan mengangkat derajat suatu kaum dengan kitab ini (Al-Qur’an), dengan dengannya pula Allah akan merendahkan kaum yang lain.” (HR. Muslim)

6. Mendapatkan sakinah, rahmat, dikelilingi malaikat, dan dipuji Allah di hadapan makhluk-Nya.

Dari Abu Hurairah ra. Rasulullah saw. bersabda, “Tidaklah suatu kaum berkumpul di salah satu rumah-rumah Allah untuk melantunkan ayat-ayat suci Al-Qur’an dan mempelajarinya, melainkan akan turun kepada mereka ketengangan, akan dilingkupi pada diri mereka dengan rahmat, akan dilingkari oleh para malaikat, dan Allah pun akan menyebut (memuji) mereka di hadapan makhluk yang ada di dekat-Nya.” (HR. Muslim)

Keutaman-keutamaan inilah yang kemudian menggerakan beberapa aktifis untuk meluncurkan program cinta al Quran dengan nama ODOJ atau One Day One Juz. Di tengah keterpurukan cinta kaum muslimin akan al Quran. Al Quran sudah menjadi barang yang asing bagi telinga dan lisan mereka.

Apa itu ODOJ? Dan apa saja kegiatannya?

2009 – Metoda SMS One Day One Juz diperkenalkan, satu orang sebagai petugas/admin mengirimkan 30 sms Reminder ke 30 orang penerima yang masing-masing kebagian juz yang berbeda. Dan dilaporkan lagi ke si petugas/admin ketika selesai.

Fanspage FB dibuat dengan total 2.000an like 2010 - Metoda BBM One Day One Juz diperkenalkan oleh beberapa lembaga, dengan mekanisme yang kurang lebih sama dan si petugas/admin harus tergabung di dalam quota BBM 30 member.

Awal Berdirinya Komunitas Gerakan ODOJ:

2013 – Metoda WA (whatsapp) ODOJ awalnya diperkenalkan oleh sekelompok alumni perguruan tinggi di Surabaya di bulan September, menyebar ke beberapa kota, juga disebarluaskan oleh aktifis Rumah Qur’an Depok. Membentuk kepengurusan kecil ODOJ di awal November, mengembangkan sistem WA ODOJ berbasis Motivasi Istiqomah, membangun website www.onedayonejuz.org dan mengadakan Soft Launching ODOJ tgl 11-11-2013 di Mesjid Baituttolibin – MENDIKBUD Dengan Soft Launching ODOJ ini, dimulailah boomingnya Gerakan ODOJ.

Visi dan Misi Gerakan ODOJ:

Visi: Membudayakan tilawah satu hari satu juz di seluruh lapisan masyarakat muslim dari berbagai kalangan.

Misi: Menyebarluaskan One Day One Juz dengan memaksimalkan program kerja kepengurusan.

Syarat Menjadi Member Komunitas ODOJ:

1. Berkomitmen menyelesaikan sehari sejuz
2. Whatsapp / BBM selalu aktif
3. Mengikuti SOP yang telah ditentukan

Mekanisme One Day One Juz Whats App/BBM:

1. Calon member mendaftarkan nomer whatsappnya ke contact person ODOJ.
2. ODOJ akan mengalokasikan calon member ke admin grup whatsapp yang tersedia.
3. Setelah grup whatsapp terbentuk admin akan mengundang calon ke grup.
4. Setelah masuk maka resmi menjadi member ODOJ dengan nomer grup yang ditentukan.
5. Member akan diminta untuk perkenalan dengan member yang lain sesama grup agar saling mengenal seperti nama, daerah asal dan biodata lainnya.
6. Di malam sebelum hari pertama setiap member akan kebagian juz yang harus dibaca.
7. Member dipersilahkan mulai membaca, untuk yang selesai silahkan posting di grup.
8. Admin / Penanggung Jawab akan merekap hasil posting member setiap pkl 8, 11, 14, 17 dan 20.00, diharapkan pukul 20.00 selesai / khalas 30 juz.
9. Jika belum selesai 30 juz, maka sisa juz yang tidak bisa terselesaikan akan dilelang atau dibagikan ke member yang berminat.
10. Waktu lelangan mulai pukul 20.00 – 21.00 tilawah juz lelangan mulai pukul 20.00 – 22.00.
11. Pukul 22.00 selesai 30 juz, besoknya dipersilahkan melanjutkan dari juz yang dibaca hari ini.

Berkah Sebagai Member Gerakan ODOJ:

1. Istiqomah tilawah sehari satu juz.
2. Menambah teman / mempererat ukhuwah dengan member dari berbagai kalangan, dari berbagai usia, dari luar daerah dan bahkan dari luar negeri.
3. Mengalihkan kegiatan yang sia-sia ke amal yang bermanfaat.
4. Menambah keberkahan dengan memotivasi diri sendiri dan orang lain.

Perkembangan Gerakan ODOJ:

1. Dari Soft Launching tanggal 11-11-2013 sampai akhir Desember 2013 ini jumlah member mencapai 40.000 ODOJer dan Mei 2014 meningkat lebih dari 50.000 ODOJer saat Grand Launching di Masjid Istiklal Jakarta.
2. Tidak hanya ustadz/ustadzah, hafizh/hafizhah tapi juga rekan-rekan artis sudah mulai istiqomah dengan sehari satu juz yang sebelumnya jarang baca Al-Qur’an atau hanya 1 atau 2 lembar sehari.
3. Dari berbagai usia dan profesi tergabung di ODOJ, dari anak umur 8 tahun sampai bapak-bapak usia 70 tahun.
4. Berkembang di berbagai negara dalam bentuk afiliasi, di Qatar sudah terbentuk 4 grup, di Australia 3 grup, di Hongkong 3 grup, di Malaysia 2 grup dan yang tergabung di grup Indonesia dari Singapore, Korea, Jepang, Jerman dan seterusnya.

Ayo daftar ODOJ, Pendaftaran Peserta Baru ODOJ (One Day One Juz) untuk kawasan Kota Pekanbaru di nomor handphone: 081277685816 (WhatsApp/Muhammad Sabarudi). ***


 

 


(rrm/voaislam)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index