Alhamdulillah, Pelajar SMAN 4 Pekanbaru Khatam Al Quraan

Alhamdulillah, Pelajar SMAN 4 Pekanbaru Khatam Al Quraan
Ikrar UN Bersih dan Berprestasi. FOTO: ade

PEKANBARU, RiauAktual.com - Menjelang menghadapi pelaksanaan Ujian Nasional (UN) tanggal 14-16 April 2014, 249 orang siswa kelas XII SMAN 4 Pekanbaru bersama majelis guru, dihadari oleh Kemenag Kota Pekanbaru Drs H Edwar S Umar MAg dan rombongan, Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru Drs H Abdul Jamal MPd, menggelar acara Khatam Al Quraan, Sabtu kemarin. Selain khatam, juga digelar acara muhasabah dan ikrar UN jujur berprestasi.

Kepala SMAN 4 Pekanbaru Hj Nurhafni MPd mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan sebagai bentuk suatu wujud dan mengimplementasikan visi dan misi Kota Pekanbaru sebagai kota metropolitan yang madani, maka dibentuklah pelajar yang berprestasi dalam hal ilmu pengetahuan dan ilmu agama.

"Tentunya kita disatuan pendidikan khususnya SMAN 4 Pekanbaru menerapkan dan melaksanakan sekolah mengaji, menjelang memulai pelajaran siswa bergiliran mengaji dengan harapan mendapat ketenangan jiwa sebelum menerima pelajaran dan dihari jumat pagi kegiatan Imtaq diisi dengan zikir, ceramah agama dari siswa untuk siswa secara bergiliran yang dibimbing oleh bapak ibu guru. Dan diakhir dan menjelang UN kita laksanakan khatam bersama setelah siswa kelas XII ini khatam perkelas sekaligus muhasabah berdoa dan ikrar UN," ujar Hafni.

Nurhafni berpesan setelah khatam Al Quraan jangan sampai berhenti mengaji karena merasa sudah tamat, namun, jadikanlah Al Quraan sebagai pedoman dalam mengharungi kehidupan, penerang, dan dapat diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

Sedangkan dalam ikrar UN menyerukan agar pembangunan budaya pembelajaran tetap didasarkan pada ajaran agama dan nilai-nilai utama karakter bangsa, yaitu beriman, bertakwa, jujur, bersih, santun, cerdas, disiplin, kreatif, kerja keras, dan bertanggung jawab.

“Kejujuran adalah modal utama untuk mengembangkan potensi setiap orang, sehingga dapat diimplementasikan. Isi deklarasi tadi dibacakan salah seorang utusan perwakilan kelas yakni M Ridho," terangnya. (ade)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index