Jika APBD Sudah Bisa Dugunakan

Dewan Minta Honor THL Segera Dibayar

Dewan Minta Honor THL Segera Dibayar
Ilustrasi. FOTO: int

PEKANBARU, RiauAktual.com - APBD Kota Pekanbaru senilai Rp2,792 triliun yang diketuk palu pada 28 Februari 2014 lalu, hingga kini masih dievaluasi Gubernur Riau. Diprediksi hari ini, Rabu (19/3/2014) APBD tersebut selesai dievaluasi dan disampaikan ke DPRD Kota Pekanbaru lagi.

Ketua Komisi III DPRD Kota Pekanbaru Muhammad Fadri AR, mengatakan, bahwa ketika APBD nantinya selesai dievaluasi dan dikembalikan ke dewan, maka jika tak ada hal krusial yang dievaluasi gubernur APBD bisa langsung digunakan.

"Kita minta kalau tak ada dievaluasi maka kabari secepatnya dan langsung digunakan, tapi kalau dievaluasi dan merubah pagu anggaran maka akan segera dibahas banggar dan diparipurnakan lagi," tutur Fadri, Selasa (18/3/2014).

Menurut tahapan evaluasi APBD, sebut Fadri, bahwa sejak disahkan 28 Februari lalu APBD Kota Pekanbaru kemudian dievaluasi selama 15 hari kerja dan diperkirakan Rabu ini sudah selesai. Dengan demikian, Fadri meminta agar APBD segera dimanfaatkan untuk hal yang prioritas dulu yakni pembayaran tenaga honor dan tenaga harian lepas.

"Prioritaskan tenaga honor seperti guru honor serta pekerja harian lepas di Dinas Kebersihan Pemerintah Kota Pekanbaru. Bayar semua yang tertunggak, dirapel agar mereka bisa melunasi hutang yang timbul akibat terlambatnya pengesahan APBD ini," ujar Fadri.

Politisi PKS ini mengaku sering menerima pengaduan dari tenaga honor Pemko Pekanbaru tentang kondisi perekonomian mereka selama tiga bulan ini. Para THL mulai tak menerima gaji untuk Januari hingga Maret ini. Selama itu, tenaga honor dan THL harus pandai-pandai berhutang dimana-mana.

"Kkkalau yang lain itu mereka ada gaji pokok dan sudah dicairkan, tenaga honor ini tak ada pendapatan lain. Ini aspirasi yang saya terima, baik langsung maupun melalui pesan singkat," pintanya.

Pada pekan ketiga proses evaluasi APBD yang dilakukan Gubernur Riau, belum ada kabar yang diterima DPRD. Harusnya, sudah ada titik terang dan aba-aba tentang kondisi APBD tersebut.

Ketua DPRD Kota Pekanbaru Desmianto, mengakui bahwa memang pihaknya belum menerima laporan terkait kondisi APBD yang sedang dievaluasi gubernur meskipun sudah di hari ke 18 ini.

"APBD sampai hari ini saya belum terima verifikasi dari gubernur, kalau sudah masuk biasanya Sekwan ngabari," ungkap Desmianto.

Karena belum ada kejelasan APBD, maka para Anggota Dewan saat ini sedang gencar melakukan kampanye untuk Pemilihan Umum Legislatif pada 9 April 2014 nanti.

"Belum ada turun dari gubernur, makanya saya gunakan waktu untuk kampanye dulu. Padahal awal April kita mulai reses," pungkasnya. (rrm)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index