SMKF Ikasari Pekanbaru Buka Tiga Program Keahlian Baru

SMKF Ikasari Pekanbaru Buka Tiga Program Keahlian Baru
Kepala SMKF Ikasari Syahrullah. FOTO: ADE

PEKANBARU, RiauAktual.com - Untuk dapat memenuhi kebutuhan dan minat masyarakat dalam bidang pendidikan, SMK Farmasi Ikasari yang berada di bawah naungan Yayasan Universitas Riau membuka tiga program studi keahlian baru.

Adapun ketiga program studi (prodi) keahlian tersebut yakni jurusan Analis Kesehatan, Kimia Analis dan Pengolahan Hasil Pertanian Prikanan (PHP). Kepala SMK Farmasi Ikasari Syahrullah Jadid SPd, mengatakan bahwa ketiga program studi keahlian ini akan dibuka pada tahun pelajaran 2014-2015.

"Saat ini sudah banyak yang mendaftar. Ini artinya program keahlian yang dibutuhkan dan diminati oleh masyarakat. Untuk tahun ajaran baru ini, kita hanya menerima satu kelas saja di masing-masing jurusan. Artinya kisaran 100 siswa yang akan diterima," kata Syahrullah, akhir pekan kemarin.

Untuk membuka program studi baru ini, kata Syahrulah lagi, memang sudah dipersiapkan dan dipenuhi persyatannya yakni peralatan labor dan tenaga teknis pengajar di masing-masing keahlian.

"Kalau untuk peralatan laboratorium tidak jauh berbeda dengan labor Kimia Industri yang dimiliki saat ini. Ditambah lagi dengan yayasan Induk yakni Universitas Riau juga mempunyai labor lengkap. Sedangkan tenaga teknis pengajar sudah ada. Demikian pula kurikulumnya. Artinya sudah siap untuk dilaksanakan," tutur Syahrul.

Syahrul menjelaskan untuk jurusan Pengolahan Hasil Pertanian dan
Prikanan, dimana siswa akan bisa mengola dan membuat makanan dari hasil pertanian dan prikanan. Seperti pembuatan naget, kerupuk, sirup dan lemon.  Juga pengawasan terhadap hasil produk dari kimia industri.

Untuk itu ia optimis program studi keahlian yang baru ini nanti akan banyak dibutuhkan dan diminati oleh masyarakat. "Kita berharap dengan adanya program keahlian baru ini akan lebih membuka peluang kerja bagi masyarakat Riau di dunia usaha dan industri," tutup Syahrul. (ade)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index