Annas-Andi Resmi Jadi Gubernur, Jangan Lupa 'Berani Bela Masyarakat'

Annas-Andi Resmi Jadi Gubernur, Jangan Lupa 'Berani Bela Masyarakat'
Pelantikan Annas-Andi. FOTO: rrm

PEKANBARU, RiauAktual.com - DPRD Provinsi Riau telah menyelenggarakan Paripurna Istimewa Pelantikan Gubernur/Wakil Gubernur Riau terpilih Annas Maamun/Arsyadjuliandi Rachman, Rabu (19/2/2014). Pelantikan dilakukan langsung oleh Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi. Kepada Annas dan Andi, Gamawan berharap agar tetap ingat dengan masyarakat.

Menurut Gamawan, dari pengamatannya di sepanjang perjalanan menuju ke lokasi pelantikan Gedung Gelanggang Remaja Jalan Jendral Sudirman, ribuan masyarakat di Provinsi Riau bergembira untuk melihat langsung pelantikan gubernur terpilih ini.

Dari hotel ke lokasi pelantikan, Gamawan melalui jalan yang penuh sesak, dan pelantikan ini juga disebut terbesar yang dihadiri dari 28 gubernur yang pernah dilantiknya. Karangan bunga saja lebih dari 1 kilometer.

"Ini renungan bagi bapak Annas, betapa bergembiranya masyarakat mengikuti pelantikan bapak. Kalau selalu diingat-ingat itu (masyarakat) pasti pikiran dan tenaga beliau ini untuk masyarakat," ungkap Gamawan dalam sambutannya usai melakukan pelantikan.

Pengunjung membludak dalam pelantikan ini, setelah tamu undangan di bagian dalam ruangan penuh, masyarakat kemudian memenuhi tenda yang isediakan di luar ruang Gelanggang Remaja sambil menyaksikan pelantikan dari layar monitor yang ada di luar ruangan.

Hadir dalam acara ini Menteri Perindustrian MS Hidayat, Wakil Ketua Komisi Yudisial Dr H Abbas Said, Ketua Komisi VII DPR RI, Pejabat Malaysia, Singapura, dan Walikota dari Negara Thailand, Konsul Malaysia yang ada di Pekanbaru, Penjabat gubernur Riau Djohermansyah Djohan, Septina Primawati Rusli, HR Mambang Mit, Gubernur se Sumatera, Ketua DPRD Provinsi se Sumatera, dan mantan GUbernur Riau.

Tampak dengan senyum lebar isteri Annas Maamun, Hj Latifah Hanum Annas dan isteri Arsyadjuliandi Rachman, Sisilita. Sementara Ketua Dewan Pimpinan Pusat Partai Golkar yang direncanakan hadir, terpaksa batal karena gagal landing di Bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru akibat kabut asap yang tebal menyelimuti Kota Pekanbaru. Hanya di akhir acara hadir Pembina PG Akbar Tanjung.

Ketua DPRD Provinsi Riau Djohar Firdaus, menjelaskan bahwa pelantikan ini sesuai dengan hasil rapat badan musyawarah dan surat keputusan Presiden Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono nomor 10/P-2014.

"Terimakasih Medagri yang telah berkenan hadir atas nama Presiden RI dalam pelantikan ini," tutur Djohar.

Djohar Firdaus juga menceritakan sejarah singkat Gubernur dan Wakil Gubernur Riau Annas Maamun-Arsyadjuliandi Rachman, bahwa Annas merupakan sosok yang sudah berpengalaman. Sementara Arsyadjuliandi Rachman adalah pengusaha transportasi era tujuh puluhan yakni Sinar Riau.

Sesuai dengan SK yang dibacakan Sekretaris DPRD Zulkarnain Kadir, nomor 10/P-2014, yang berisi untuk memberhentikan dengan hormat Djohermansyah Djohan sebagai Penjabat Gubernur dan mengesahkan pengangkatan Annas Maamun-Arsyadjuliandi Rachman sebagai gubernur masa jabatan 2014-2019 dan diberi gaji pokok serta tunjangan sesuai UU.

"Pelantikan dilaksanakan Mendagri, keputusan berlaku sejak pelantikan ini, ditetapkan di Jakarta 14 Februari 2014, tertanda Presiden Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono," kata Zukarnain Kadir.

Kemudian dilakukan pengambilan sumpah jabatan, dilanjutkan penandatanganan berit acara dan penyematan tanda jabatan oleh Mendagri. Selanjutnya penandatanganan pakta integritas dan pembacaan serta penandatanganan berita acara sertijab. (rrm)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index