Kabut Asap di Riau, Semakin Sore Semakin Tebal

Kabut Asap di Riau, Semakin Sore Semakin Tebal
Kabut asap semakin tebal di Kota Pekanbaru. FOTO: rrm

PEKANBARU, RiauAktual.com - Kondisi kabut asap di Provinsi Riau khsusnya di Kota Pekanbaru masih mengkhawatirkan. Pada pagi hari sekitar pukul 6.00 WIB memang kabut asap terlihat tipis, namun semakin sore maka kabut asap ini semakin tebal dan menyesakkan nafas bagi masyarakat yang menghirup udara di luar rumah.

Berdasarkan data Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyatakan bahwa titik api di Riau masih ada ratusan titik api.

Daerah terparah adalah Kabupaten Bengkalis dan Pelelawan. Untuk jarak pandang masih sekitaran 1,5 kilometer.

Masyarakat Kota Pekanbaru Neneng, mengeluhkan kondisi ini. Dirinya yang bekerja sehari-hari sebagai tukang jamu, sudah merasakan dampak kabut asap ini.

"Walaupun pakai masker dan helm, tetap terasa di kerongkongan. Mata jadi perih dan hidung mulai terasa sakit," ujar Neneng, Selasa (18/2/2014).

Selain itu Agus, seorang pedagang tahu keliling, juga merasakan hal yang sama. Menurutnya, saat ini kondisi badan mulai menurun.

"Sudah mulai filek, karena kabut asap ini semakin siang semakin tebal. Apa tidak ada penanganan dari pemerintah," ujar bapak empat anak ini.

BNPB Provinsi Riau, beberapa waktu lalu mengaku tetap melakukan penanganan dengan mencari titik api untuk dipadamkan. Dengan cara membentuk Tim Reaksi Cepat yang jumlah personilnya 100 orang.

Namun sampai saat ini tak ada terlihat hasil yang signifikan. Padahal Sekretaris BNPB Provinsi Riau Kaifi Azmi menyatakan bahwa anggaran penanganan bencana Rp10 miiar yang dititipkan di Sekdaprov hingga kini belum terpakai. (rrm)

 

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index