Gunung Kelud Meletus

Hujan Abu Vulkanik, Langit Yogya Gelap

Hujan Abu Vulkanik, Langit Yogya Gelap
Guung Kelut Meletus. FOTO: kompas

YOGYAKARTA, RiauAktual.com - Abu letusan Gunung Kelud membuat hampir seluruh wilayah Yogyakarta hingga pagi ini (Jumat, 14/2/2014) dihujani abu. Hingga pukul 07.00 WIB, langit di Yogyakarta pun masih terlihat gelap.

Hujan abu, yang terjadi sejak pukul 02.50 WIB pagi, kini terlihat kian menumpuk tebal di jalan, genteng rumah, dan pepohonan.

"Biasanya, pukul 07.30 WIB sudah mulai terang, tapi pagi ini langit gelap," ujar Ida, warga Maguwoharjo, Sleman, Jumat (14/2/2014) pagi.

Warga yang harus beraktivitas pagi hari pun terlihat menggunakan masker. Kendaraan motor yang melintas semua menghidupkan lampu karena pandangan tertutup abu.

"Tetap harus pakai masker, seperti pengalaman erupsi Merapi 2010 lalu. Kalau tidak, bisa batuk," ucapnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, letusan Gunung Kelud terjadi pada Kamis (13/2/2014) sekitar pukul 22.50 WIB. Letusan Gunung Kelud juga berimbas ke Kota Batu di Kabupaten Malang, Jawa Timur. Hujan abu telah membuat kota ini bak "kota mati". Jalur dari Kota Batu di Kabupaten Malang menuju Kota Kediri pun ditutup untuk sementara.

Dalam pantauan Kompas.com, warga enggan meninggalkan rumah mereka karena pekatnya abu dari letusan Gunung Kelud. Jarak pandang jalanan di wilayah yang berjarak tak kurang dari 50 kilometer dari kawah Gunung Kelud ini hanya berkisar puluhan meter.

Kondisi tersebut mengakibatkan lalu lintas dari Kabupaten Malang ke Kota Kediri lumpuh. Para pengemudi tak berani ambil risiko menembus kepekatan abu.

Kapolres Batu AKBP Windiyanto Pratomo kemudian juga memastikan jalur penghubung antara Kota Batu di Kabupaten Malang ke Kabupaten Kediri telah ditutup untuk sementara. "Ditutup dari Batu sampai Kasembon (kedua kecamatan ada di Kabupaten Malang, red), karena abu yang cukup tebal," ujar dia, Jumat (14/2/2014) dini hari.

Pengungsi

Sementara itu, pengungsi dari kawasan terdampak letusan Gunung Kelud juga sudah mulai memenuhi pos-pos pengungsian. Salah satu pos pengungsian itu berada di kompleks kantor Kecamatan Tujon, Kabupaten Malang.

Saat ini ratusan pengungsi telah memadati gedung kantor dan dua tenda di lapangan kompleks tersebut. Penanganan lokasi pengungsian dikoordinasi oleh personel TNI. Dapur umum juga sudah didirikan.

Beberapa pengungsi harus dilarikan ke rumah sakit di Kota Batu, setelah mereka pingsan karena mengalami sesak napas. Di antara mereka terdapat juga anak-anak. ***



Sumber: Kompas.com
Editor: Rrm

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index