Disdik Minta Sekolah Persiapkan Mental Pelajar Sebelum UN

Disdik Minta Sekolah Persiapkan Mental Pelajar Sebelum UN
Ilustrasi. FOTO: int

PEKANBARU, RiauAktual.com - Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Pekanbarutelah menggelar sosialisasi pelaksanaan Ujian Nasional (UN) tahun 2014. Sosialisasi tersebut untuk menginstruksikan agar sekolah memulai latihan mental pelajar sebelum proses UN dilaksanakan.

Ketua Pelaksana UN 2014 Kota Pekanbaru yang juga Kabid Sekolah Menengah Disdik Pekanbaru Abdul Jamal, menjelaskan, UN yang akan dilaksanakan sejak tanggal 14 April nanti ini memang untuk mengukur kemampuan siswa secara nasional dan memang tak mungkin untuk dihapuskan.

"Nanti akan dirangking dengan rumusan tertentu, untuk melakukan antisipasi ketakutan akan proses UN ini, maka perlu dilakukan try out, terobosan, sebelum UN diselenggarakan," kata Jamal, Selasa (11/2/2014).

Dikatakannya, secara umum sistim pelaksanaan UN 2014 tidak jauh berbeda dengan tahun sebelumnya, yang mengalami perubahan hanya bidang penugasan saja. Yakni, petugas dari pergurUan tinggi dalam hal ini UNRI sebelumnya sebagai pelaksana dan pengawas, tapi untuk tahun 2014 hanya sebagai pengawas,kata Jamal lagi.  
 
Sementara untuk  kriteria kelulusan peserta didik untuk Ujian Sekolah (US) ditetapkan oleh satuan pendidikan berdasarkan nilai sekolah yang harus mencakup nilai rata-rata minimum dari setiap mata pelajaran, dimana 70 persen untuk nilai rapor dan ujian sekolah 30 persen, ini salah satu tambahan perbedaan dari tahun lalu.
 
Sedangkan kriteria lulus UN, berdasarkan nilai akhir, dimana setiap mata pelajaran nilainya paling rendah 4, dan nilai rata-rata minimal 5,5 dan ini sama dengan tahun lalu, nilai ini adalah gabungan nilai sekolah dengan nilai Ujian Nasional, dimana bobot penilaiannya 40 nilai sekolah berbanding 60 nilai UN, sistem kelulusan UN tahun ini masih sama dengan tahun lalu,”jelasnya.

Abdul Jamal menambahkan, pelaksanaan  UN 2014  untuk tingkat SMA,SMK dan MA  akan berlangsung selama 3 hari. Yakni mulai tanggal 14 hingga 16 April 2014 dengan jumlah peserta, SMA negeri dan Swasta 7.091 orang, MA 961 dan SMK negeri dan swasta  6.936 orang.

Sementara untuk tingkat SMP sederajat, UN 2014 akan dilaksanakan  mulai tanggal 5 hingga 8 Mei 2014, dengan jumlah peserta SMP negeri dan swasta sebanyak 12.244 orang dan MTS negeri dan swasta 2.164 orang, urainya.
 
Ditambahkan Jamal  lagi, bersamaan dengan pelaksanaan UN bagi peserta didik formal, siang harinya  akan dilaksanakan juga UN bagi peserta didik nonformal  (kesetaraan) Paket B dan C, tutupnya.
 
Untuk persyaratan peserta sama dengan tahun lalu, peserta UN dan ujian sekolah, setiap peserta pernah berada pada tahun terakhir, pada jenjang tertentu dan memiliki laporan lengkap dari semester pertama sampai dengan semester satu tahun terakhir. (ade/rrm)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index