Popda XI Jadi Ajang Uji Coba Silat Riau vs Jakarta

PEKANBARU (RA) - Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) ke-XI telah dimulai sejak 11-18 Juli mendatang, dijadikan momen try in para atlet Pelatihan Daerah (pelatda) Pengurus Provinsi (Pengprov) Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Riau dengan atlet silat PON DKI Jakarta di Aula SMK N 3 Pekanbaru  menjelang Pekan Olahraga Nasional (PON) XVIII September mendatang.

Demikian hal tersut disampaikan Ketua Umum IPSI Riau, Zulher saat dijumpai RiauAktual.com, Kamis (12/07) di Aula SMK N 3 Pekanbaru.

"Ujicoba ini sangat berarti bagi pesilat Riau mengatrol motivasi terutama jelang PON yang hanya tinggal hitungan 58 hari lagi. Dan ujicoba ini selain untuk melihat kemampuan sendiri maupun lawan juga memberi motivasi kepada pesilat pelajar Riau yang berlaga di ajang Popda Riau ini," terangnya.

Pada laga ujicoba tersebut, DKI Jakarta menampilkan 11 nomor yang lolos ke perhelatan PON XVIII mendatang. Diantaranya untuk nomor laga sebanyak enam kelas, dengan rincian dua kelas putra dan empat kelas putri, tunggal putra/putri, Ganda putra/putri, dan beregu putri. Setelah menjalani TC penuh di Pekanbaru, IPSI Riau merencanakan akan menggelar TC Penuh di Sport Center Bangkinang tempat venue cabang olahraga Silat.

"Insya Allah usai lebaran kita TC di Bangkinang, dan soal terget sesuai yang tercatat dikONI Riau dua emas kita siap mewujudkannya. Bahkan target pribadi kami empat emas akan diraih seperti saat Kejurnas silat 2011 lalu," terangnya.

Disinggung mengeni target Pria yang menjabat sebagi Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Riau ini tetap dengan dua medali emas pada PON mendatang. Namun, seiring dengan perkembangan para atlet silat yang cukup pesat seperti hasil mini PON yang memperoleh runer up, Zulher memperkirakan bisa mendapatkan empat emas.

"Target yang kita sampikan ke Koni dua medali. Namun melihat konsi perkembangan para atlet kita mulai dari kejurnas dan mini PON mudah-mudahan 3 sampi 4 emas bisa kita raih," harapnya.

Sementera itu, ketua panpel Popda Riau XI, Zulkifli Rahman menyebutkan seluruh cabang olahraga iven olahraga pelajar se Riau, hari ini seluruhnya sudah dipertandingkan.Khusus untuk Pencak Silat sudah 26 partai dipertandingkan.

"Hari ini seluruh cabang sudah dipertandingkan, bahkan momen jeda cabang silat kita gunakan untuk try out dengan tim Silat DKI Jakarta. Kami berharap momen Popda XI dan ujicoba ini bisa memberikan motivasi bagi atlet pelajar Riau untuk meraih prestasi terbaik di Popda Riau ini," pungkasnya. (RA7)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index