RSJ Tampan Sediakan Kamar Rawat VIP Untuk Caleg

RSJ Tampan Sediakan Kamar Rawat VIP Untuk Caleg
RSJ Tampan. FOTO: int

PEKANBARU, RiauAktual.com - Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Tampan Kota Pekanbaru menyiapkan belasan kamar khusus untuk melayani pasien yang berasal dari calon legislatif, yang depresi akibat gagal menjadi anggota legislatif pada Pemilu Legislatif 9 April 2014.

"Setidaknya ada sepuluh kamar lebih yang disiapkan khusus," kata Juru Bicara RSJ Tampan, Donna.

Fasilitas kamar yang disiapkan untuk Caleg stres jauh berbeda dengan kamar biasanya. Pihak rumah sakit menyiagakan ruangan VIP serta ruang utama, plus dokter kejiawaan untuk membantu proses pengawasan pasien khusus dari kalangan politisi.

Bahkan, di setiap kamar itu dilengkapi lemari pendingin dan televisi berwarna. Ia menjelaskan, persiapan tersebut bertujuan guna mengantisipasi banyaknya Caleg yang gagal dalam Pemilu Legislatif mengalami depresi tinggi dan gangguan jiwa.

"Ini karena pasien dari Caleg diperkirakan akan berbeda kasus dan penanganannya," ujarnya.
Selain itu, pasien dari politisi biasanya berasal dari kalangan berduit, sehingga biasanya keluarga pasien memilih perawatan di ruangan kelas VIP.

Meski begitu, Donna mengatakan, kendati memperoleh faslitas lebih, namun perawatan terhadap caleg stres tidak jauh berbeda dengan pasien umum lainnya. Menurut dia, biasanya Caleg yang gagal mengalami depresi atau kecemasan cukup parah.

"Kami membantunya dengan terapi dokter yang disiapkan di rumah sakit," katanya.

Ia memperkirakan, jumlah caleg yang akan mengalami gangguan jiwa setelah Pemilu bakal banyak. Karena itu, ia menyarankan bagi Caleg yang akan bertarung di Pemilu hendaknya memeriksakan psikologi agar menghindari stres jika tidak terpilih pada pesta demokrasi mendatang.***

Sumber: menittv.com
Editor: Rrm

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index