Naguib: Kepsek Harus Kreatif Menarik CSR

Naguib: Kepsek Harus Kreatif Menarik CSR
Kepala Bidang Sekolah Dasar, Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru Naguib Nasution SPd. FOTO: ade

PEKANBARU, RiauAktual.com - Kepala Bidang Sekolah Dasar, Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru Naguib Nasution SPd, menghimbau para kepala sekolah (Kepsek) yang ada di Kota Pekanbaru kreatif dalam merebut dana Corporate Sosial Responsibiliti (CSR) dari perusahaan, sehingga dana tersebut nantinya dapat dimanfaatkan untuk kemajuan sekolah.

"Kepala sekolah haruslah lebih kreatif dalam membaca peluang untuk mendapatkan bantuan CSR dari Perusahaan yang ada di Riau, dengan demikian akan dapat mendukung kemajuan pendidikan di sekolah," ungkap Naguib, saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (23/12/2013).

Menurut Naguib, dana CSR dari perusahaan dapat dimanfaatkan oleh sekolah untuk mendukung kegiatan sekolah, bahkan juga dapat dipergunakan untuk membangun perpustakaan, mushalla maupun kegiatan siswa lainnya. Naguib mencontohkan seperti kegiatan sunatan masal di SDN 3, SDN 2, SDN 50 dan SDN 72 Pekanbaru, dimana SDN 3 telah melakukan MoU dengan PT Rara Abadi menggandeng Eka Hospital dalam merealisasikan sunatan masal tersebut.

"Kepala sekolah haruslah kreatif memanfaatkan perusahan-perusahan di Riau, yaitu bisa dimaafatkan di bidang pengembangan pendidikan. Karena perusahaan itu kan ada dana untuk alokasi pendidikan," terangnya.

Dijelaskan Naguib lagi, bahwa setiap perusahaan wajib memberikan bantuan kepada masyarakat sekitar dalam bentuk CSR. Ratusan miliar dana CSR tersebut bisa dimanfaatkan, untuk itu kepala sekolah diminta agar bisa melakukan komunikasi dan mempersentasikan kepada perusahaan program sekolah.

"Sehingga dapat dilakukan kerjasama atau MoU dengan pihak perusahaan. Kalau hanya menggunakan dana BOS saja tidaklah mencukupi, karena dana BOS terbatas. Pemerintah tidak akan sanggup untuk membangun fisik sekolah secara keseluruhan, maka perlu bantuan dan kerjasama dengan pihak perusahaan," jelas Naguib. (ade)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index