Guna Percepatan Akses Informasi, Pemkab Meranti Temui Menkominfo

Guna Percepatan Akses Informasi, Pemkab Meranti Temui Menkominfo
Ilustrasi. FOTO: int

JAKARTA, RiauAktual.com - Sebagai salah satu kabupaten termuda di Provinsi Riau yang merupakan daerah terluar dan berbatasan langsung dengan negara tetangga, yang sampai saat ini masih minim infrastruktur khususnya sarana komunikasi dan informasi. Seperti, radio, televisi dan sarana informasi yang dibutuhkan masyarakat diperlukan langkah cepat pembanguan infrastruktur tersebut.

Untuk mempercepat realiasi peningkatan sarana infrastruktur komunikasi dan informasi itulah, kemarin Selasa (17/12/2013) pihak Pemkab Kepulauan Meranti yang diwakil Kepala BNPP Kabupaten Meranti Said Asmirudin, Pemprov Riau diwakili Kepala Diskominfo Achmad Syahrofi, Ketua KPID Riau Zainul Ihkwan, Anggota DPRD Riau Mansyur serta anggota DPD RI asal Riau Gafar Usman menemuai Menteri Komunikasi dan Informasi (Menkominfo) Tifatul Sembiring di kantornya, Jalan Merdeka Barat, Jakarta.

Dalam pertemuan tersebut, dibahas tentang infrastruktur khusus sarana komunikasi dan informasi yang selama ini sangat minim. Sehingga diharapkan ke depan masyarakat Kepulauan Meranti bisa menikmati siaran radio dan televisi yang selama ini sebagain besar siaran di sana berasal dari negara tetangga, yakni Malaysia dan Singapura.

"Pertemuan dengan Pak Menteri tadi adalah untuk mendorong dan meminta Menkominfo membuat kebijakan khusus terkait sarana informasi, seperti radio dan televisi yang sangat minim," kata Gafar Usman anggota DPD RI asal Riau.

Hal yang sama juga disampaikan Kepala Diskominfo Riau Ahcmad Syahrofi, katanya guna merealisasikan pembangunan sarana komunikasi dan informasi di Riau harus ada komunikasi dengan pihak pusat sebagai penentu kebijakan di bidang komunikasi dan informasi.

"Sebagai penentu kebijakan bidang Kominfo tentu kita harus mendatangi Pak Menteri, hal ini dilakukan untuk pembangunan dan mempercepat pembangunan sarana informasi di Kepulauan Meranti sebagai kabupaten terluar di Riau," katanya.

Sementara itu Ketua KPID Riau Zainul Ikhwan mengatakan, sebagai daerah perbatas dan terluar Riau dan Indonesia, maka mutlak dibutuhkan informasi dan komunikasi di Meranti. Karena katanya, selama ini masyarakat Meranti lebih mengenal Malaysai dan Singapura daripada Indonesi. Hal ini disebabkan, tambahnya karena informasi melalui radio kebanyakan milik negara tetangga.

"Makanya sebagai KPID Riau beserta pemerintah meminta Pak Menteri membuat kebijakan khusus dalam percepatan pembangunan infrastruktur komunikasi dan informasi di Meranti," ungkanya.

Anggota DPRD Riau Mansyur yang turut hadir dalam rombongan mengatakan, pihaknya mendung penuh langkah yang dilakukan oleh Pemprov Riau dan Pemkab Meranti mendatangi Menkominfo untuk membahas peningkatan infrastruktur komunikasi dan informasi di Kepulauan Meranti.

Menkominfo Tifatur Sembing, merespon baik adanya pertemuan tersebut dan berjanji akan menindaklanjutinya. (muh)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index