DPRD Sebut Jembatan Siak III Tak Perlu Ditutup

DPRD Sebut Jembatan Siak III Tak Perlu Ditutup
Jembatan Siak III. FOTO: int

PEKANBARU, RiauAktual.com - Ketua DPRD Kota Pekanbaru Desmianto, mengatakan, untuk perbaikan Jembatan Siak III, tidak perlu dilakukan penutupan akses jalan. Sebab, dari konstruksi jembatan tersebut, masih bisa dimanfaatkan untuk lalu lintas ringan.

Desmianto berani mengatakan ini sesuai dengan hasil koordinasinya dengan pihak kontraktor baru-baru ini, bahwa Jembatan Siak III masih kuat untuk menampung pengendara sepeda motor dan mobil pribadi.

"Tidak perlu ditutup, masih tahan untuk beberapa tahun. Kini yang perlu digesa, pembangunan Jembatan Siak IV. Karena ini penting dan berpengaruh pada yang lain," papar Desmianto saat ditemui di DPRD Kota Pekanbaru, Selasa (19/11/2013).

Penggesaan penyelesaian Jembatan Siak IV, sebut politisi Partai Demokrat ini, memang harus diprioritaskan. Apalagi sesuai janji dan termen penyelesaian dari Dinas Pekerjaan Umum Riau pada Juni 2013 lalu. Kalau memang dipaksakan juga, akan membahayakan jiwa pengendara.

Sebab, hal ini berkaitan dan berpengaruh pada ketahanan Jalan Yos Sudarso Rumbai, (dari simpang tugu ke Jalan Sekolah), yang kini kondisinya sangat mengkhawatirkan. Hampir setiap pekannya selalu ada pengendara yang jatuh menjadi korban kecelakaan lalu lintas, akibat jalan bergelombang.

"Gelombang di jalur tersebut sudah sangat parah. Saya saja pernah ditabrak, untung tidak sampai meninggal. Belum lagi warga lainnya yang sudah melaporkan ini ke kita," papar Desmianto lagi.

Karena kondisi ini, selaku pimpinan DPRD Pekanbaru, pihaknya meminta Dinas PU Riau segera bergerak. Gelombang jalan tersebut disebabkan karena tidak ada turap di kanan-kiri jalan. Makanya, jalan semakin ambruk dan kondisi ini akan terus memburuk.

"Bebannya tak tahan, apalagi nanti Jembatan Siak III jadi tutup. Semakin buruk kondisi jalannya. Makanya sekali lagi saya menegaskan, gesa pembangunan Jembatan Siak IV. Selain itu, PU Riau perbaiki Yos Sudarso," harap Desmianto yang merupakan anggota DPRD daerah pemilihan Rumbai.

Desmianto juga menambahkan, kepada masyarakat Kota Pekanbaru yang menjadikan Jalan Yos Sudarso dan Jembatan Siak III sebagai akses lalu lintas, agar meningkatkan kewaspadaan. "Tingkatkan lagi kehati-hatian, jangan sampai kita jadi korban. Semoga pemerintah segera menangani persoalan ini, itu harapan kita," pungkasnya. (rrm)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index