Mahasiswa UIR Demo di Kantor DPRD Pekanbaru

Mahasiswa UIR Demo di Kantor DPRD Pekanbaru
Mahasiswa UIR demo di DPRD Kota Pekanbaru. FOTO: riki

PEKANBARU, RiauAktual.com - Puluhan Mahasiswa Universitas Islam Riau (UIR), Jurusan Tehnik Planologi (Perencanaan Wilayah dan Kota) Fakultas Tehnik, melakukan aksi demo di Kantor DPRD Kota Pekanbaru, Jumat (1/11/2013). Mahasiswa meminta agar kalangan Dewan sebagai wakil rakyat turut memperhatikan dan peduli terhadap penataan ruang dan lingkungan yang ada di Kota Pekanbaru.

Koordinator aksi ini Azroi Akbar, dalam orasinya mengatakan, dalam rangka memperingati Hari Tata Ruang Se Dunia yang jatuh pada tanggal 8 November 2013 pekan depan, dan ini diperingati setiap tahunnya, maka mahasiswa mengajak masyarakat untuk bersama-sama peduli terhadap penataan ruang dan lingkungan yang ada di Kota Pekanbaru.

"Tata ruang sangat berperan penting dalam pembangunan suatu kota. Jika sebuah kota tanpa ada penataan maka pembangunan di kota tersebut akan tumbuh dengan tidak seimbang," ujar Azroi dalam orasinya.

Penataan kota sendiri, kata Azroi, bertujuan untuk arahan pembangunan kota, mencegah terjadinya banjir dan kesemrawutan kota, terciptanya penataan lingkungan yang bersih, aman dan tenteram, keharmonisan antara lingkungan alam dan lingkungan buatan akan tercipta.

"Selanjutnya juga sebagai pemanfaatan SDA secara berkelanjutan  bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat, keseimbangan dan keserasian antar kegiatan antar sektor, dan memajukan perekonomian masyarakat," serunya lagi disambut oleh rekan mahasiswa yang membenarkan.

Massa disambut oleh duan Anggota Dewan, Ir Nofrizal MM (politisi PAN) dan Zulkarnaen SE (PPP), Sekwan DPRD Ahmad Yani serta pejabat sekretariat DPRD lainnya.

"Kita menyambut aspirasi ini, tentang tata ruang pasar tradisional kawasan hijau, aspirasi kami terima dengan baik," ujar Nofrizal.

Dijelaskan Nofrizal kepada wartawan, untuk tata ruang masih menunggu RTRW dari provinsi.

"Tata ruang kita yang dibahas sebelumnya sekarang tahap revisi. Untuk masalah banjir, parkir, dan pasar akan kita bahas dengan Pemko," terang nofrizal.

Mahasiswa puas dengan jawaban tersebut dan membubarkan diri dengan tertib. Aksi ini juga menarik perhatian para staff yang ada di DPRD Kota Pekanbaru. (rrm)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index