Hore...Tak Perlu Bayar Parkir Kalau Tak Diberi Karcis Saat Parkir

Hore...Tak Perlu Bayar Parkir Kalau Tak Diberi Karcis Saat Parkir
ilustrasi parkir. int

PEKANBARU, RiauAktual.com - Ketua Fraksi Partai Golkar DPRD Kota Pekanbaru Roni Amril, mengatakan, jika pengendara tidak diberikan karcis saat melakukan parkir, maka pengendara tak perlu bayar parkir. Hal ini sebagai langkah guna menghindari berkembangnya parkir ilegal di Pekanbaru dan terjadinya kebocoran Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari retribusi dan pajak parkir ini.

"Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika harus segera tertibkan keberadaan parkir ilegal. Karena banyak dampak dari keberadaan parkir ilegal ini, dapat mengganggu kelancaran lalu lintas, penyumbang kebocoran PAD dan dapat menumbuhkembangkan pungli. Untuk itu jangan bayarkan uang parkir jika tak ada karcis," ungkap Roni, saat ditemui di DPRD, Selasa (29/10/2013).

Dishubkominfo yang berwenang menertibkan parkir ilegal di Pekanbaru, kata Roni, perlu untuk melakukan tinjauan di lapangan dan mendata berapa jumlah titik parkir di Kota Pekanbaru. Sehingga mudah dilakukan pengecekkan dan pengawasan terhadap keberadaan parkir tersebut.

"Selain menindak keberadaan titik parkir liar, saya minta Dishub juga memantau kinerja dan mengevaluasi kinerja petugas parkir yang ada saat ini, karena kerja petugas parkir di lapangan hanya berorientasi mengambil duit tapi tidak mengatur parkir," pinta Roni.

Bukti tidak bekerjanya tukang parkir di lapangan, sebut Roni, dengan masih banyaknya tukang parkir tidak memberikan karcis kepada pengendara saat melakukan parkir. Bahkan banyak juga petugas parkir tidak menggunakan atribut parkir.

"Ini harus segera didisiplinkan kalau perlu evaluasi petugas yang ada. Maka seperti yang saya bilang tadi, kepada masyarakat pengguna jasa parkir, jangan bayar parkir kalau tidak diberikan karcis. Setiap parkir, ada karcis jangan bayar parkir kapada petugas yang tidak gunakan seragam dan tak berikan karcis," tegas Roni.

Jika ini tidak direalisasikan Dishub, Roni berencana akan memanggil Dishub terkait kinerja yang dianggap tidak beres dalam memaksimalkan kondisi perparkiran di Pekanbaru. "Kita akan panggil Dishub dan pengelola parkir untuk bisa merealisasikan dan memaksimalkan sistem perparkiran di Pekanbaru," pungkasnya. (rrm)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index