Kota Pekanbaru Jadi Kota Metropolitan Pada Tahun 2015

Kota Pekanbaru Jadi Kota Metropolitan Pada Tahun 2015
Walikota Pekanbaru H Firdaus MT. FOTO: riki

PEKANBARU, RiauAktual.com - Tahun 2015 mendatang Kota Pekanbaru akan menjadi Kota Metropolitan. Naiknya status Kota Pekanbaru yang saat ini masih dalam kategori kota besar,  kini sedang diupayakan oleh Pemerintah Kota (pemko) Pekanbaru. Diantaranya dengan memenuhi beberapa persyaratan administrasi dan pengusulan ke Pemerintah Pusat.

Demikian dikatakan Walikota Pekanbaru H Firdaus MT. Kata Firdaus, sesuai indikator menjadi kota besar Kota Pekanbaru saat ini sudah memenuhi beberapa persyaratan. Antaranya indikator penduduk yang kini sudah masuk standart kota besar dimana jumlah penduduknya sudah lebih dari 1 juta jiwa.

"Tahun 2013 ini kita sudah mengusulkan perubahan kota Pekanbaru menjadi kota Metropolitan  ke Pemerintah pusat melalui Gubernur," ujarnya.

Dengan digesanya pengusulan ini agar segera dilakukannya pembahasan persyaratan oleh pemerintah pusat di tahun 2014. Sehingga usai itu Pemerintah pusat bisa mengesahkan perubahan status Kota Pekanbaru dari kota besar menjadi Kota Metropolitan.

Makanya Pemko mulai kini menggesa segara kelengkapan administrasi yang diperlukan untuk melengkapi persyaratan. Selain juga melengkapi pembangunan infrastruktur penunjang lainnya yang menjadikan indikator kota Besar.

"Kita juga sudah punya sistem transportasi masal, yang kedepan menjelang akhir tahun akan di bangun rutenya hingga ke interland sebagai rute penyangga. Selain juga melakukan kerjasama  antara Kabupaten perbatasan untuk memperjelas tapal batas seperti yang baru di gelar pekan lalu antara Pelalawan, Siak dan Kampar," terang Firdaus MT.

Ia juga berharap dengan didapatnya status kota Metropolitan ini maka akan ada anggaran khusus yang akan turun dari pemerintah pusat untuk membangun infrastruktur penunjang khususnya trasfortasi.

"Banyak keuntungan jika kita sudah kota Metropolitan diantaranya akan ada satker khusus  terutama untuk ruas jalan nasional yakni satker metropolitan.sehingga pembangunan tol,  drenase, akan dilakukan oleh satker khusus tersebut melalui Kementrian PU," tutupnya. (ver)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index