APBD-P Kota Pekanbaru 2013 Fokus Kepada SKPD yang Menyangkut Masyarakat

APBD-P Kota Pekanbaru 2013 Fokus Kepada SKPD yang Menyangkut Masyarakat
Ketua Komisi II DPRD Pekanbaru Ir Nofrizal MM

PEKANBARU (RA)- Ketua Komisi II DPRD Pekanbaru yang membidangi anggaran daerah Ir Nofrizal MM, mengatakan, besaran APBD Perubahan Kota Pekanbaru tahun 2013 Rp544 miliar, merupakan anggaran yang dianggarkan dengan kajian ke arah pemanfaatan anggaran untuk dinas yang memang langsung menyentuh kepada masyarakat. Seperti Dinas Pekerjaan Umum, Dinas Pendidikan, dan lainnya.

"Kita memfokuskan kepada SKPD yang langsung menyangkut kepada masyarakat, seperti PU usulan (pembangunan) yang menjadi rekom dan termasuk dalam reses. Tetapi usulan ini yang telah juga termasuk dalam Musrembang," kata Nofrizal saat ditemui akhir pekan kemarin.

Termasuk kepada Dinas Pendidikan, menurut Nofrizal, untuk sektor pendidikan memang mendapat alokasi yang cukup besar. Pemerintah berupaya membenahi infrastruktur pendidikan yang sifatnya kecil tapi menyeluruh. "Maksudnya kecil anggaran tak perlu lelang tapi semua sekolah mendapatkannya, seperti beli meja, kursi dan lainnya," terang Nofrizal.

Untuk Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Pekanbaru, juga diprioritaskan dalam rangka prcepatan pembangunan lampu jalan dan kebersihan. Karena Dewan menilai dinas tersebut selama ini sudah terlena dan banyak sampah yang kembali menumpuk di sudut kota. "Itu juga harus diselesaikan," ujarnya.

Sektor kesehatan, jelas Nofrizal, pemerintah dan DPRD menganggarkan untuk penambahan puskesmas pembantu (Pustu). "Kita berupaya agar masyarajat mendapatkan pelayanan kesehatan dengan baik," katanya.

Termasuk penambahan anggaran operasi pasar murah di Disperindag Kota Pekanbaru, bantuan masyarakat miskin dan beasiswa untuk mahasiswa. "Kalau kegiatan yang sifatnya kegiatan yang bisa langsung dibelikan, tidak ditenderkan," paparnya.

Agar pemanfaatan anggaran perubahan ini maksimal, politisi PAN Nofrizal menyarankan agar seluruh SKPD yang mendapat alokasi anggaran ini segera melaksanakan kegiatannya "Jangan sampai menunggu, habis ini kan evaluasi 1 minggu, setelah itu langsung lakukan pengerjaan," pungkasnya.

APBD Perubahan Kota Pekanbaru 2013 sebesar Rp544 miliar ini juga dianggarkan untuk pembuatan 12 pasar tradisional di 12 kecamatan Kota Pekanbaru, penambahan halte Bus Trans Metro Pekanbaru, namun untuk Jembatan Penyeberangan Orang, pemerintah menganggap hal itu tak perlu dibangun dengan APBD-P 2013 tersebut.

Laporan: Rrm

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index