Ini Cara SMPN 24 Pekanbaru Ciptakan Sekolah Hijau

Ini Cara SMPN 24 Pekanbaru Ciptakan Sekolah Hijau
Murid SMPN 24 saat berkebun. FOTO: ade

PEKANBARU, RiauAktual.com - Untuk menyukseskan sekolah rimbun dan hijau (green school) perlu dilakukan berbagai upaya ke arah itu, terutama menanamkan semangat cinta akan lingkungan kepada murid. Untuk itu pihak SMPN 24 Pekanbaru sengaja menggalakkan siswa untuk membuat kebun kelas, melalui kebun kelas ini akan mampu menciptakan sekolah yang hijau. Hal ini disampaikan Kepala SMPN 24 Pekanbaru Hj Fitra Yulia Rozi MPd saat ditemui RiauAktual.com di ruang kerjanya, Selasa (22/10/2013).

"Kegiatan berkebun kelas ini bertujuan agar peserta didik mengetahui bagaimana tata cara bercocok tanam, selain itu tentunya akan tumbuh semangat cinta akan lingkungan hijau yang asri," tuturnya.

Dijelaskannya lagi, lokasi sekolah yang cukup luas dan masih banyak lahan yang kosong maka pihak sekolah memanfaatkan untuk kebun kelas, masing-masing kelas baik kelas tujuh, delapan dan sembilan, mempunyai kebun sendiri. Kebun kelas ini telah ditanami berbagai sayur-sayuran seperti ubi, kangkung, bayam, kacang panjang, terong, timun, tomat dan pare, yang mana nanti kebun kelas ini diperlombakan.

Sehingga kebun yang terbaik akan mendapatkan apresiasi dari sekolah,dan hasil kebun akan bagikan kepada warga sekolah. Bukan hanya itu saja tapi para guru juga diwajibkan mempunyai satu tanaman buah dalam pot (Tabulapot), dimana setiap guru harus menanam satu tanaman buah buahan yang nantinya juga akan diperlombakan.

"Alhamdulillah, dengan adanya kebun sekolah dan tabulapot tersebut maka lingkungan sekolah terlihat hijau, sejuk dan nyaman. Kedepan kegiatan ini akan terus digiatkan agar lebih baik lagi," ujar Rozi. (ade)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index