Wakil Ketua DPRD Kota Pekanbaru Sondia Warman SH

Sondia: Jangan Tunggu Ada Korban

Senin,21 Oktober 2013 - 02:34:00 WIB Di Baca : 54720 Kali

PEKANBARU (RA)- Wakil Ketua DPRD Kota Pekanbaru Sondia Warman SH, menegaskan, bahwa instansi terkait dalam menangani banjir dan musibah alam, untuk segera mengambil langkah penanggulangan terhadap musibah banjir dan penyakit yang akan mengancam masyarakat Kota Pekanbaru di musim hujan saat ini.

"Jangan tunggu ada korban dulu baru bekerja. Harus dari sekarang dilakukan penyuluhan kepada masyarakat agar lebih menjaga kebersihan dan kesehatan saat musim hujan tiba," kata Sondia saat dikonfirmasi melalui selulernya.

Penyuluhan yang dimaksud, sebut Sondia lagi, yakni Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru mensosialisasikan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan dan ancaman berkembangnya nyamuk demam berdarah dengan kondisi lingkungan yang lembab karena banyaknya genangan air setiap hari.

"Ini kan sudah memasuki musim hujan, mungkin kalau banjir belum terlalu mengkhawatirkan. Hanya saja, penyakit lainnya seperti di pemukiman kumuh di pinggiran Sungai Siak, dalam kondisi ini tentu sangat rawan terserang berbagai penyakit," tuturnya.

Politisi Partai Amanat Nasional ini juga menekankan, agar Diskes mengaktifkan Posyandu yang ada di setiap kecamatan dengan baik. Sehingga masyarakat yang mulai terjangkit penyakit musim hujan dapat langsung memeriksakan di puskesmas.

"Untuk itu harus dimaksimalkan lagi pelayanan di puskesmas. Karena ini masa rawan, maka puskesmas jangan ditinggalkan. Pastikan masyarakat yang berkunjung mendapatkan pelayanan baik di puskesmas," imbuhnya.

Sondia juga menambahkan, kepada masyarakat Kota Pekanbaru diminta untuk selalu waspada akan berkembangnya jentik nyamuk demam berdarah. Dengan membersihkan pekarangan rumah dan menutup tempat yang menampung air agar tidak menjadi sarang nyamuk.

"Selanjutnya fooging, kita rasa sudah pantas dan tepat dilakukan. Karena musim hujan seperti inilah nyamuk demam berdarah berkembang biak dengan baik. Makanya dengan cara fooging dapat memusnahkan nyamuk demam berdarah itu," tuturnya.

Sementara soal banjir, Sondia menegaskan kepada Dinas Pekerjaan Umum Kota Pekanbaru memaksimalkan pembangunan saluran pembuangan air yang ada di drainase dan anak sungai di dalam kota untuk dibuang ke Sungai Siak dan Sungai Kampar yang dekat dari Kota Pekanbaru.(Rm)

"DKP (Dinas Kebersihan dan Pertamanan) juga kita harapkan selalu gencar melakukan pengerokan drainase yang tersumbat sampah. Agar air cepat mengalir dan tak bergenangan di jalan raya," pungkasnya.

Share Tweet Google + Cetak

Loading...
Tulis KomentarIndex
Follow Kami Index
FOLLOW Twitter @riauaktual dan LIKE Halaman Facebook: RiauAktual.com