Jadwal Final Piala Dunia 2018

Jadwal Final Piala Dunia 2018
Timnas Kroasia akan hadapi Prancis di final Piala Dunia 2018. (Foto: REUTERS/Christian Hartmann)

Riauaktual.com - Tidak terasa Piala Dunia 2018 sudah memasuki babak akhir. Pada Minggu 15 Juli 2018 mulai pukul 22.00 WIB, akan dilangsungkan partai final yang digelar di Stadion Luzhniki, Moskow. Pertandingan itu mempertemukan dua tim terkuat di Piala Dunia 2018, yakni Prancis dan Kroasia.

Baik Prancis dan Kroasia belum merasakan kekalahan dalam enam laga yang mereka lakoni di Piala Dunia. Les Bleus –julukan Prancis– mengoleksi lima menang dan satu imbang. Sementara itu, Vatreni –julukan Kroasia– meraih tiga menang dan tiga imbang jika hanya menghitung 90 menit pertandingan.

Singkirkan Inggris di Semifinal, Kroasia Menantang Prancis di Final Piala Dunia 2018

Sepanjang sejarah, Prancis dan Kroasia sudah bertemu lima kali. Hasilnya, Prancis unggul dengan raihan tiga menang dan dua imbang. Akan tetapi, dalam dua pertemuan terkini, Kroasia mampu menahan Prancis.

Sementara itu, dari lima pertemuan yang tersaji di atas, satu di antaranya dilangsungkan di ajang Piala Dunia, tepatnya di edisi 1998. Saat itu, Prancis yang berstatus tuan rumah mengalahkan Kroasia 2-1.

Sebenarnya, Kroasia sempat unggul 1-0 lewat gol yang dilesakkan Davor Suker pada menit 46. Akan tetapi, Prancis racikan Aime Jacquet mampu membalikkan kedudukan lewat brace (dua gol) Lilian Thuram pada menit 47 dan 70.

Lilian Thuram

(Thuram bintang kemenangan Prancis di semifinal Piala Dunia 1998. Foto: AFP)

Kekalahan 1-2 itu membuat langkah Kroasia terhenti di semifinal Piala Dunia 1998. Jelas, hasil 20 tahun lalu itu tak ingin kembali dialami Kroasia pada laga final nanti. Apalagi, banyak pihak mendukung Kroasia keluar sebagai kampiun Piala Dunia 2018 setelah melihat perjalanan mantap Luka Modric dan kawan-kawan di edisi kali ini. (Wan)

 

 

Sumber: Okezone.com

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index