Warga Kampar Laporkan Temukan Jejak Harimau

Rabu,11 Juli 2018 - 16:53:43 WIB Di Baca : 447 Kali

Riauaktual.com - Pihak BBKSDA Provinsi Riau, langsung turun ke lokasi. Atas adanya temuan masyarakat yang bertemu dengan harimau Sumatera di Desa Koto Tuo, Kabupaten Kampar.

Pihak BBKSDA Riau langsung turun kelapangan, Selasa (10/7) lalu melakukan pengecekan didampingi tokoh masyarakat.

Loading...

Sebelum turun ke lokasi, terlebih dahulu tim dari BBKSDA Riau melakukan koordinasi dengan aparat Desa Koto Tuo.

Tim yang turun ke lapangan langsung melakukan pengecekan pada kebun karet masyarakat didampingi  perangkat desa dan saksi-saksi.

Sebelumnya, beredar berita di sosial media adanya masyarakat yang mengaku bertemu dengan harimau di sekitar perkebunan karet.

Dari hasil pengecekan memang benar di temukan jejak yang di duga jejak Harimau sumatera.

''Hasil kerja tim dilapangan, untuk jejak yang dijumpai dilokasi diduga sudah terjadi beberapa hari yang lalu,'' kata Kepala BBKSDA Riau Suharyono.

Suharyono menambahkan, untuk pengecekan ditempat lain  yang ditunjukkan saksi juga pernah muncul Harimau. Namun, saat dilakukan pengecekan tidak ditemukan adanya tanda-tanda kemunculan hewan buas tersebut.

Selanjutnya, tim BBKSDA Riau yang turun melakukan kegiatan sosialisasi kepada masyarakat dengan memberikan bekal tata cara serta tindakan tindakan darurat apa yang perlu dilakukan oleh masyarakat apabila berjumpa dengan harimau.

Selain itu, tim juga bekerja sama dengan aparat desa untuk secara bersama-sama membantu memberikan ketenangan masyarakat dan meminimalisir keresahan masyarakat.

Bahkan Tim juga meminta ke aparat aparat desa setempat bahwa untuk memastikan keberadaan harimau tersebut, Tim menyarankan aparat desa untuk menyiapkan umpan di lokasi yang dijumpai harimau tersebut. Apabila umpan dimakan maka segera untuk menghubungi tim di lapangan.

''Masyarakat perlu diberikan edukasi cara penanganan apabila melihat harimau, hal ini diperlukan guna pengambilan langkah-langkah penanganan lebih lanjut ke depannya,'' pungkas Suharyono. (HA)


Share Tweet Google + Cetak

Loading...
Tulis KomentarIndex
Follow Kami Index
FOLLOW Twitter @riauaktual dan LIKE Halaman Facebook: RiauAktual.com