ilustrasi. int

Peta Kekuatan Grup D Liga Champions Musim 2013/14

Selasa,17 September 2013 - 01:45:00 WIB Di Baca : 57966 Kali

TIMPANG ! Kata inilah yang dirasa cukup menggambarkan peta persebaran kekuatan para peserta Liga Champions di grup D. Dengan sedikit melupakan ungkapan klise “bola itu bundar”, di atas kertas kekuatan dua kuda hitam asal Eropa timur yakni Viktoria Plzen dan CSKA Moscow jelas  bukan tandingan si kaya yang bergelimang poundsterling asal kota industri di Britania Raya, Manchester City dan raksasa Bavaria yang  juga juara bertahan “Big Ear Trophy”, Bayern Muenchen.

Viktoria Plzen adalah klub asal kota Plzen, Republik Ceko yang bermain di Liga Gambrinus dan merupakan juara bertahan liga tersebut.  Klub ini harus mengalahkan tiga lawan sebelum tiba di babak fase grup Liga Champions 2013/14. Musim ini adalah kali kedua mereka lolos hingga ke babak fase grup setelah mencetak sejarah dengan berpartisipasi di Liga Champions untuk yang pertama kalinya di babak fase grup musim 2011/12 lalu semenjak klub ini berdiri lebih dari 100 tahun silam. Bermarkas di Doosan Arena yang berkapasitas 11.700 kursi – kapasitas yang bahkan lebih kecil dari kapasitas Stadion Maguwoharjo di Yogyakarta, klub ini diprediksi tidak akan melangkah lebih jauh dari babak grup.

Sementara itu, Moskow mempunyai beberapa klub sepak bola yang memiliki tradisi berlaga di kancah Liga Champions cukup membanggakan, yakni Locomotiv Moscow, Spartak Moscow dan CSKA Moscow. Untuk CSKA Moscow, klub ini dimotori oleh playmaker berusia 23 tahun yang juga motor serangan tim nasional Rusia, Alan Dzagoev. Alan memegang rekor pemain termuda selain kiper yang bermain untuk tim nasional Rusia pada usia 18 tahun dan 116 hari. Pemain yang pernah dinobatkan sebagai Pemain Muda Terbaik Liga Rusia 2008 ini ditopang oleh pemain dari negeri Matahari Terbit, Keisuke Honda. Honda, yang pada bursa transfer musim panas lalu santer digosipkan akan bergabung dengan AC Milan, berposisi sedikit di depan Dzagoev dengan menempati posisi penyerang lubang.

Komposisi CSKA dilengkapi dengan seorang penjaga gawang utama tim nasional Rusia, Igor Akinfeev. Akinfeev ikut membantu CSKA juara liga Rusia 2012/13. Klub dengan warna jersey utama biru dan merah ini diprediksi bisa sedikit mengganggu duo raksasa grup D terutama sang Manchester Biru yang tidak pernah mencetak hasil impresif selama mengikuti Liga Champions.

Dua musim sudah Manchester City mengenyam pengalaman bermain di Liga Champions dan selama dua musim itu mereka harus tersingkir dengan mudah di fase grup. Semua penggemar bola paham, bahwa The Citizen mempunyai kekuatan finansial yang kuat dukungan konglongmerat Uni Emirat Arab, Abu Dhabi United Group yang dipimpin oleh Syekh Mansour. Hal ini menyebabkan hampir tidak ada kesulitan bagi City untuk merekrut pemain pemain dengan banderol harga dan gaji selangit. Dilihat dari skuatnya, tidak ada sedikitpun yang meragukan Manchester City untuk bisa berkiprah lebih dari sekedar pelengkap fase grup. Tapi beberapa komentator dan pengamat bola mengatakan bahwa Liga Champions bukanlah habitat Manchester City.

Musim ini The Citizen diarsiteki oleh pelatih berkebangsaan Chili yang juga mantan pelatih Real Madrid, Villareal dan Malaga - Manuel Pellegrini. Pelatih yang juga merupakan insinyur ini berhasil membawa Malaga lolos ke Liga Champions untuk yang pertama kalinya sepanjang sejarah klub setelah pada musim 2011/12 mampu bertengger di urutan keempat klasemen akhir La Liga. Meskipun baru pertama kali berlaga di Liga Champions, Malaga tidak sedikitpun terlihat gugup. Pellegrini mampu membawa timnya melaju hingga ke perempat final untuk kemudian takluk dari klub asal lembah Ruhr sekaligus finalis Liga Champions 2012/13, Borussia Dortmund. Hal ini membuat Pellegrini menjadi pelatih kedua yang mampu membawa timnya melaju hingga perempat final di musim perdana keikutsertaan mereka di Liga Champions.  City diyakini akan lebih kuat dan lolos ke fase knockout di Liga Champions musim ini. Di grup ini, City juga menjadi pesaing utama klub asal Bavaria, Bayern Muenchen yang menjadi salah satu kandidat terkuat untuk kembali menjadi juara Liga Champions musim 2013/14.

Bayern Muenchen mulai musim 2013/14 ini berhak menyandang Badge of Honor 5 di lengan jersey mereka saat berlaga di Liga Champions setelah berhasil memenangi gelaran Liga Champions edisi terakhir. Badge of Honor ini berhak disandang oleh klub yang telah membawa pulang trofi Liga Champions minimal sebanyak lima kali atau pernah memenangi Liga Champion tiga kali berturut-turut. Die Rotten mengangkat trofi Liga Champions pada musim 1974-75-76, 2001 dan 2013, sekaligus mengantarkan mereka ke posisi yang sejajar dengan Liverpool yang juga telah memenangi trofi ini sebanyak lima kali. Keberhasilan mereka meraih tiga trofi berurutan pada musim 1974-76 juga membuat mereka berhak untuk menyimpan trofi Liga Champions yang asli di lemari museum mereka.

Melaju ke final sebanyak tiga kali dari empat gelaran Liga Champions terakhir menunjukkan konsistensi Bayern di ajang ini. Sang juara bertahan musim ini tidak lagi dilatih oleh Jupp Heynckes dan telah digantikan oleh pelatih muda jenius, Josep 'Pep' Guardiola. Skuat bertabur bintang seperti Arjen Robben, Franck Ribery, Thomas Muller, Bastian Schweinsteiger, Phillip Lahm, Manuel Neuer, serta pemain muda berbakat macam Toni Kroos, Mario Gotze dan Thiago Alcantara menjadi gambaran kekuatan skuat Bavaria ini. Tidak ada yang meragukan Die Rotten – yang berarti Si Merah – menjadi salah satu kandidat terkuat untuk kembali memenangi kompetisi ini. Tradisi yang sangat kuat dan mengakar, skuat yang mumpuni dan merata di segala lini, pemain bintang dengan nama besar, dukungan finansial yang kuat, pelatih yang ahli dalam meracik strategi serta pernah meraih banyak trofi merupakan hal hal yang memperkuat anggapan tersebut.

Sebagai tim terkuat di grup ini, Bayern Muenchen tidak akan menemui kesulitan berarti untuk menjadi pemuncak klasemen grup D. Manchester City dengan pengalaman yang dimiliki Pellegrini akan membuntuti sang raksasa Bavaria, sementara peringkat ketiga yang berarti berhak lolos ke Liga Europa akan diperebutkan oleh CSKA Moscow dan Viktoria Plzen. (rrm/yoc)

Share Tweet Google + Cetak

Loading...
Tulis KomentarIndex
Follow Kami Index
FOLLOW Twitter @riauaktual dan LIKE Halaman Facebook: RiauAktual.com