Catatan Kemenangan AMAN

Annas Menang Tersebab tak Diperhitungkan dan Dianggap Lucu

Annas Menang Tersebab tak Diperhitungkan dan Dianggap Lucu
Annas Maamun

RIAU- Kemenangan Annas Maamun-Arsyadjuliandi Rachman alias AMAN pada Pilgiubri putaran I adalah kejutan. Hampir semua pihak tidak menyangka jago Partai Golkar tersebut menggulingkan nama setenar Herman Abdullah. Bahkan, membuat kandidat sekaliber Raja Mambang Mit berada di posisi paling buncit.

Sebelum hasil pencoblosan Pilgubri 4 September lalu diketahui publik, banyak pihak tak memperhitungkan AMAN. Pasangan ini dianggap sekedar penggembira dalam Pilgubri.

Bahkan seorang pejabat penting di lingkungan Pemprov Riau sempat secara terus terang menyesalkan pilihan Andi mendampingi Annas di Pilgubri.

"Saya bilang kepada dia (Andi.red), ngapa pula mendampingi kapal karam. Ternyata, malah dia yang menang," ujar pejabat tersebut saat berbincang beberapa waktu lalu.

Tidak hanya kalayak yang umumnya tak memperhitungkan AMAN, hasil sejumlah survei juga demikian. Pada umumnya menempatkan AMAN di posisi 4 dan terbaik posisi 3. Tidak ada yang memberi respek positif pada AMAN.

Ketidakpercayaan publik pada AMAN barangkali wajar, mengigat nama Annas baru mencuat sebagai Balon Gubri selepas sukses mendongkel Indra Muchlis Adnan dari kursi Ketua DPD Partai Golkar Riau lewat Musdalub akhir Oktober 2012 lalu. Sementara kandidat lainnya sudah digadang-gadang jauh-jauh hari.

Justru posisi undergog itulah yang menguntungkan Annas. Ia tak menjadi sasaran tembak lawan-lawan politiknya. Kosentrasi dan energinya seratus persen untuk melakukan tahapan demi tahapan persiapan maju Pilgubri.

Lihatlah begitu mulusnya program sosialisasi yang dilakukan Annas sejak akhir tahun lalu. Lewat 'Jalan Santai Kawan Annas', Bupati Rokan Hilir tersebut sukses memperkenalkan sekaligus mendekatkan dirinya kepada masyarakat luas di seluruh Riau.

Situasi tidak diperhitungkan pastilah bukan sesuatu yang kebetulan. Tetapi sangat mungkin itulah yang disetting kubu AMAN. Mereka merasa nyaman melakukan seluruh skenario pemenangan tanpa diganggu lawan karena dianggap 'anak bawang'.

Kelucuan Annas Menjadi Pukau

Jika selama ada kecenderungan politik terdholimi menjadi jalan sejumlah politisi meraup sukses. Baik dikancah nasional maupun regional, maka sudah saat jurus yang dilakukan Annas dijadikan patron baru politisi untuk meraih sukses.

Penampilan Annas yang bersahaja (banyak warga menyebutnya lucu) saat tampil dalam debat kanidat yang disiarkan langsung Tv One, Sabtu (24/8/13) lalu menjadi pukau yang terbukti mampu memalingkan hati warga dari kanidat pilihannya kepada Annas.

Seorang saudara saya yang tinggal di Rokan Hulu ketika berkunjung ke rumah dengan jujur mengakui kalau dia mendukung Annas. Alasannya, "Bapak itu lucu saat debat di tv kemarin. Sepertinya dia gak neko-neko," ujar saudara saya yang berprofesi guru tersebut.

Seorang teman saya juga berasumsi serupa. Kepolosan penampilan Annas di debat kandidat telah membuatnya jatuh hati. Ia yang semula berencana tak menggunakan hak pilih, akhirnya bulat tekad datang ke TPS untuk mencoblos Annas.

"Calon yang lain sepertinya sibuk menyerang lawan, sementara Atuk Annas santai dan membuat suasana jadi cair. Dia itu solusi dari masalah," ujar teman saya tersebut serius.

Kesuksesan yang diraih Annas karena tampil bersahaja dalam debat kandidat seperti pengulangan yang pernah terjadi di Pilgub Sumatera Utara. Syamsul Arifin ketika itu juga tampil polos. Menjawab seperti tanpa konsep. Mengalir dan sering membuat celetukan lucu mengundang tawa.

Hasilnya, Syamsul berhasil menyedot simpati publik sangat besar hingga akhirnya memenangi Pilgub Sumut 2009 lalu. Meskipun ada kesamaan nasib antara Annas Maamun dengan Syamsul Arifin, namun semua pihak berharap nasib akhir keduanya berbeda.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Riau telah mengumumkan kemenangan Annas-Andi, namun bukan kemenangan akhir, karena masih ada Pilgubri putaran II yang digelar 30 Oktober mendatang.

Mari kita lihat, apakah Annas masih bisa menjadi juara karena sudah tidak lagi dianggap 'anak bawang'. Masihkan AMAN mendulang dukungan maksimal jika Annas kini tampil serius dan kurang lucu lagi.(RiauTerkini)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index