Mirip WhatsApp, Begini Kirim SMS via PC Pakai Android Messages

Mirip WhatsApp, Begini Kirim SMS via PC Pakai Android Messages
Foto: Androidcentral

Riauaktual.com - Google agaknya tidak mau ketinggalan dengan sejumlah perusahaan pengembang aplikasi pesan instan. Google baru saja merilis aplikasi pesan singkat yang diberi nama Android Messages. Layanan pesan pengganti short messages service (SMS) ini dengan mudah diakses dari komputer ke smartphone maupun sebaliknya.

Dikutip dari Mirror, Android Messages versi website ini memungkinkan pengguna mengirim teks, gambar, dan stiker dengan cara kerja yang mirip dengan Whatsapp. Anda bisa mengakses fitur ini dengan mengunjungi laman messages.android.com.

Selanjutnya, pindai QR code yang tampil di monitor dengan aplikasi Android Messages yang telah diinstal pada smartphone. Caranya sangat mirip dengan mengakses Whatsapp melalui komputer.

 

Fitur obrolan pada aplikasi Android Messages ini memanfaatkan teknologi Rich Communication Services (RCS) yang didukung operator kartu seluler. Berbeda dengan Whatsapp yang sepenuhnya mengandalkan jaringan Internet. Pengunaan RCS dapat membuat pengiriman pesan pendek akan terasa lebih menyenangkan. Sebab, pesan yang dikirim dapat lebih panjang. Selain itu, foto juga akan terlihat lebih jernih.

Tidak seperti Whatsapp atau Facebook, layanan obrolan di Android Messages tidak memerlukan akun khusus. Nantinya, obrolan akan menjadi layanan messaging default di setiap ponsel Android. Lantas, seberapa amankah mengirim pesan menggunakan aplikasi tersebut?

 

 

Google mengatakan, semua percakapan, kontak, dan pengaturan lain akan tersimpan di browser. Namun, isi percakapan sebenarnya tidak akan dienkripsi seperti Whatsapp. Enkripsi adalah proses mengamankan informasi dengan cara khusus. (Wan)

 

Sumber: okezone.com

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index