Manfaat Mengunci Setir Mobil Yang Tak Banyak Diketahui

Manfaat Mengunci Setir Mobil Yang Tak Banyak Diketahui
Foto ilustrasi by carfromjapan.com

Riauaktual.com - Sama halnya dengan sepeda motor, kemudi pada mobil juga dapat dikunci secara otomatis. Fitur steer lock yang disematkan pada mobil ini sayangnya tidak banyak diketahui orang. Padahal cara pengaplikasiannya terbilang cukup mudah.

Setelah mematikan mobil, pengendara harus memutar kunci ke posisi lock agar bisa dicabut. Saat di posisi ini, setir dapat dikunci dengan cara memutarnya sebesar 60 derajat hingga timbul suara mengunci.

Cara ini sebenarnya cukup banyak menimbulkan keraguan. Soalnya, setir yang diputar saat mobil dalam keadaan mati dianggap akan merusak komponen power steering.

Namun, menurut lama resmi Nissan Motor Indonesia, penggunaan steer lock tidak akan merusak komponen power steering karena tidak memiliki keterkaitan.

Jika memang begitu, lantas apa fungsi dari kunci setir ini?

Steer lock sendiri berfungsi sebagai fitur keamanaan. Soalnya, dibutuhkan kunci agar setir dapat kembali bekerja normal. Hal ini tentunya akan mengurangi risiko terjadinya pencurian kendaraan.

Selain itu, dengan mengunci setir, kendaraan yang terparkir di jalan menanjak atau turunan akan lebih aman. Dengan mengunci setir ke arah trotoar, kemugkinan terjadinya insiden yang tak diinginkan seperti mobil meluncur bebas secara tak sengaja dapat terhindar. 

 

Sumber : otosia.com

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index