Kapolda : Pilkada Damai Peran Serta Semua Pihak

Kapolda : Pilkada Damai Peran Serta Semua Pihak
ils (int)

Riauaktual.com - Mendekati hari pencoblosan pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Gubernur Riau, tanggal 27 Juni mendatang. Kapolda Riau Irjen Pol Drs Nandang MH beserta jajaran mengajak masyarakat melaksanakan pesta demokrasi secara damai.

Ada empat pesan Kapolda Riau, Irjen Pol Nandang MH mencapai kedamaian pesta demokrasi tersebut sebelum hari pencoblosan, dan saat pencoblosan kemudian setelah pencoblosan.

Keempat pesan tersebut antara lain, pertama semua pihak diminta laksanakan pesta demokrasi secara damai demokratis dengan mengutamakan persatuan dan kesatuan.

Pesan keduanya, yakni jangan mudah terprovokasi isu yang tidak bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Kemudian pesan ketiga yakni, masyarakat diharapkan agar lebih cerdas dalam menggunakan media sosial (Medsos). Dengan tidak mudah langsung menyikapi isu tanpa melakukan penelusuran kebenarannya.

''Agar tahu isu itu hoax atau benar, silahkan konfirmasi pihak terkait. Atau media yang terverifikasi,'' kata Kapolda.

Selanjutnya, pesan yang keempat, mantan Kapolda Sulawesi Barat itu mengatakan, bahwa kesuksesan pelaksanaan Pilkada damai nantinya merupakan pesan semua pihak.

''Menciptakan kedamaian pelaksanaan Pilkada Damai, bukan hanya tugas Polri dan TNI. Tapi merupakan peranan seta semua pihak dan kalangan,'' pungkasnya.

Terpisah, Kabid Humas Polda Riau, AKBP Sunarto SIK mengungkapkan,, untuk segala persiapan pengamanan pelaksanaan Pilkada sudah dilakukan  Polda dan Instansi terkait.

''Untuk pergeseran petugas pengamanan ke lokasi tempat pemilihan umum, akan dilakukan (Senin,red),'' ujarnya.

Sunarto mengungkapkan, di hari (Senin,red) nanti seluruh personil pengamanan akan melakukan apel di Mapolda Riau. Setelah itu, seluruh personil pengamanan terdiri dari TNI, Polri, Satpol PP, Bawaslu dan instansi lain akan bergerak ke lokasi pengamanan masing-masing yang sudah ditugaskan.

''Secara persiapan kota sudah siap, kita harapkan pada hari H tidak ada permasalahan,'' harapnya. (HA)

 

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index