Syamsuar-Edy Nasution Unggul di Survei Polmark Indonesia, Berikut Rincian Hasilnya

Syamsuar-Edy Nasution Unggul di Survei Polmark Indonesia, Berikut Rincian Hasilnya

Riauaktual.com - PolMark Indonesia merilis hasil survei pemilihan Gubernur Riau. Hasil survei itu menunjukkan elektabilitas pasangan Syamsuar - Edy Nasution unggul atas kandidat-kandidat lainnya.

"Syamsuar-edy Nasution 27,4 persen, Firdaus-Rusli 13,3 persen, sedangkan Lukman Edy- Hardiyanto 8,9 persen dan terbawah Andi Rachman - Suyatno 8,5 persen," ungkap CEO Polmark Eep Saefullah Fatah, saat menggelar jumpa pers di Hotel Premiere, Pekanbaru pada Rabu, 20 Juni 2018.

Survei Polmark untuk Pilgub Riau dilakukan pada 5-11 Juni 2018 terhadap 1.200 responden dari seluruh kabupaten/kota di Riau. Survei menggunakan metode multistage random sampling dengan margin of eror sekitar 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Dari hasil survei juga menunjukkan 59,1 persen masyarakat sudah menentukan pilihan. Sedangkan sisanya, 41,9 persen, belum menentukan pilihan.

Sementara itu, dalam survei popularitas, pasangan Andi-Rachman meraih 68,8 persen, disusul Syamsuar-Edy Nasution 67,3 persen. Sedangkan pasangan Firdaus-Rusli Effendi meraih 63% dan Lukman Edy-Hardianto 58,8 persen.

Yang mengejutkan menurut Eep, meski petahana populer, ia tidak otomatis disukai responden. Hasilnya, paslon yang paling disukai responden adalah Syamsuar-Edy Nasution 40,3 persen, disusul Andi Rachman-Suyatno 2,9 persen, Firdaus-Rusli 27,3 persen, dan Lukman Edy-Hardianto 23,5 persen.

Eep mengatakan, dari survei yang dilakukan pihaknya, 58,6 persen responden masih bisa diperebutkan semua kandidat karena pilihannya masih akan berubah. Tapi ada 41,4 persen responden yang dianggap pemilih mantap tanpa berubah saat hari pencoblosan.

"Dari pemilih mantap calon Gubernur Riau Syamsuar tetap teratas dengan 21,1 persen, dan posisi dibawahnya Firdaus 9,3 persen, sementara Lukman Edy 5,8 persen, disusul Andirahcman hanya 5,2 persen," jelasnya.

Disamping itu terang Eep lagi, untuk poplaritas calon wakil gubernur Riau, Edy Nasution berada di posisi teratas dengan mendulang 24,3 persen, disusul Suyatno 18,3 persen, Rusli 16,4 persen dan Hardiyanto13,6 persen.

"Dan tentunya calon wakil gubernur juga berpengaruh terhadap hasil yang telah dilakukan," pungkasnya. (Don)

 

 

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index