Jemaah An-Nadzir Sudah Lebaran Hari Ini, Begini Metode Penentuan 1 Syawal-nya

Jemaah An-Nadzir Sudah Lebaran Hari Ini, Begini Metode Penentuan 1 Syawal-nya
foto : pojoksatu.id

Riauaktual.com - Jemaah An-Nadzir di Gowa, Sulawesi Selatan akan melakukan salat Idulfitri 1439 H, di Halaman Masjid An -Nadzir Mawang, Kamis (14/6/2018) hari ini.

Pimpinan Jemaah An Nadzir, Ustaz Lukman Albakti, mengatakan, 1 Syawal jatuh pada hari Kamis hari ini. Jadinya, Total puasa bulan Ramadan ini 29 hari.

 

“Pada pukul 12.15 Wita tadi (kemarin, red), kami sudah berbuka. Salat id-nya besok pagi (hari ini, red). Haram hukumnya berpuasa jika sudah Syawal,” ucapnya, Rabu, 13 Juni, sore ini.

Salat id ini akan digelar di Masjid An Nadzir, yang terletak di Kelurahan Romang Lompoa, Kecamatan Bontomarannu, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan.

Perlu diketahui, kaum pria jemaah An-Nadzir identik dengan pakaian hitam, berjanggut, dan rambut panjang yang disemir berwarna kuning. Sedangkan kaum perempuannya menggunakan jilbab panjang berwarna gelap, dilengkapi kain cadar.

Untuk menentukan masuknya Ramadan dan Syawal, jemaah An-Nadzir menggunakan tiga metode, yakni hisab, rukyatul hilal, dan pengamatan fenomena alam, seperti mengukur tingkat pasang tertinggi air laut, yang dilakukan tim dari jemaah An-Nadzir, yang berjumlah 7 orang.

“Untuk menentukan awal Syawal, kita harus memperhatikan akhir Ramadan. Kalau awal bulan diperhatikan, mustahil kita lihat bulan terbit di barat. Paling tidak kita mengetahui purnama 15 kapan, kalau purnama 15 hari sisanya sebagai estimasi,” sambungnya.

Menurutnya, dalam 3 hari terakhir, waktu terbitnya bulan bertambah 4 menit. Pihaknya yakin pada Rabu (13/6) sudah terjadi perpisahan bulan yang menandakan masuknya bulan Syawal.

Tidak hanya itu, jemaah An Nadzir juga mengamati fenomena pasang-surut air laut.

“Rabu sudah masuk Fajar Siddiq dan terjadi perpisahan bulan di siang hari sehingga menyebabkan pergantian pasar air laut. Jadi totalnya puasa 29 hari. Kalau berbuka siang hari terhitung 29 hari plus 6 jam,” sambungnya.

 

Sumber : pojoksatu.id

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index