SMAN 1 Pekanbaru Terapkan Program PIK

SMAN 1 Pekanbaru Terapkan Program PIK
Kepala SMAN 1 Pekanbaru Dra Hj Wan Roswita. (doc ra)

PEKANBARU, RiauAktual.com - Dalam membentuk pendewasaan diri para siswa, SMAN 1 Pekanbaru menerapkan program baru pada tahun ajaran 2013-2014, program tersebut adalah Pusat Informasi Siswa (PIK) yang bekerjasama dengan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Riau.

"Sejauh ini secara lisan kami sudah berkoordinasi dengan pihak BKKBN, pihak sekolah pun sudah membentuk pengurus yang akan mengelola PIK tersebut sehingga saat ini tinggal SK kepengurusannya saja," kata Kepala SMAN 1 Pekanbaru Dra Hj Wan Roswita, saat ditemui RiauAktual.com di ruang kerjanya, Senin (2/9/2013).

Roswita juga mengatakan, pembentukan PIK tersebut ditujukan untuk memberikan kesempatan kepada siswa menjadi tutor sebaya dalam perilaku kehidupan sehari-hari, selain itu melalui PIK nantinya bisa melatih dan membentuk penewasaan diri siswa dalam perilaku kehidupan yang mereka jalani sehari-hari.

"Selain menjadi tutor dan wadah pembentukan pendewasaan siswa, PIK juga bisa memberikan mereka pengetahuan tentang Narkoba, seks bebas dan HIV kepada siswa," tuturnya.

Sehingga, lanjutnya, siswa yang tergabung dalam wadah PIK ini bisa mensosialisasikannya kepada teman sebaya, baik teman di sekolah maupun di luar sekolah.

"Saya berharap dengan adanya PIK tersebut peserta didik SMAN 1 bisa memahami dampak dari kehidupan bebas yang tidak terkontrol dari segi agama juga nilai norma kehidupan," harapnya.

Selain itu, Roswita juga berharap bisa mendapat pengetahuan dan informasi positif dari program ini. "Sehingga siswa bisa mengimplementasikan informasi yang didapat ke dalam kehidupan sehari hari," pungkasnya. (AD)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index