Unit Damkar Kuansing

Armada Damkar Kuansing, Selalu Siaga Untuk Mengatasi Kebakaran

Senin,04 Juni 2018 - 10:48:18 WIB Di Baca : 678 Kali

Riauaktual.com - Kepala Satuan Polisi Pamong Praja dan Damkar Kabupaten Kuantan Singingi Erdiansyah menyebutkan Damkar Selalu siaga untuk mengatasi kebakaran di Kuansing.

Dijelaskan Erdiansyah, bahwa saat ini, Armada Damkar Kuansing berjumlah sebanyak delapan unit. Menurutnya pada pemerintahan MH ada penambahan sebanyak tiga unit Damkar selebihnya pada masa Sukarmis.

Loading...

Dua bantuan unit dari pemerintah Provinsi satu unit berasal dari bantuan pemerintah daerah. dua unit mobil Damkar dari Provinsi adalah jenis fuso dan melalui pemerintah daerah juga fuso.

"Dari delapan unit tersebut, tujuh unit adalah jenis pemadam. Sedangkan satunya lagi mobil Komando," ujarnya kepada wartawan Senin (4/6/2018).

Erdiansyah menyampaikan dengan jumlah armada yang ada ini, ia berharap akan lebih memudahkan para anggotanya dalam bertugas jika sewaktu-waktu terjadi bencana kebakaran di Kabupaten Kuantan Singingi.

Sejauh ini kata dia, selama 2018 pihaknya telah menangani beberapa kasus, baik kebakaran lahan maupun unit rumah dan ruko. Semua itu bisa dikendalikan jika jarak tempuh tidak terlalu memakan waktu yang lama.

Sementara tahun 2017, kata Kasat yang akrab disapa Anca ini, sebanyak 41 kasus kejadian kebakaran, 13 adalah kasus kebakaran bangunan gedung selebihnya 28 kasus adalah karhutla.

Lebih lanjut, Anca mengatakan untuk mengatasi persoalan kebakaran ini, ia bersama anggotanya melakukan berbagai upaya cara mengatasi jika sewaktu-waktu terjadi bencana kebakaran itu sendiri, salah satunya melakukan simulasi.

"Simulasi ini kita lakukan adalah untuk melihat sejauh mana kesiapan personil dalam memadamkan kebakaran. Dan yang  terpenting bagaimana teknik yang diupayakan saat kejadian terutama pada saat menggunakan media pemadaman, contohnya penggunaan selang hydrant," ujarnya.

Karena kata Anca, persoalan api tidaklah persoalan main-main. Dan keselamatan personil menjadi prioritas utama ketika menangani bencana kebakaran tersebut. (Advetorial)

 


Share Tweet Google + Cetak

Loading...
Tulis KomentarIndex
Follow Kami Index
FOLLOW Twitter @riauaktual dan LIKE Halaman Facebook: RiauAktual.com