Hadi Miharja : Kepsek Diharapkan Turut Sebarkan Informasi RBOS dan BOS

PEKANBARU, RiauAktual.com - Satu pemahaman dalam proses penyaluran dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) serta Rintisan Bantuan Operasional Sekolah (RBOS) sangat penting, agar penyalurannya nanti lebih tepat sasaran.

Kepala sekolah perlu memahami dan mengetahui itu terutama bagi kepala sekolah tingkat SMK yang tengah diberikan pemahaman informasi tentang bantuan dana tersebut. Dalam kegiatan penyebaran informasi bantuan operasional sekolah itu, disampaikan juga keterkaitannya dengan kemajuan dan perkembangan sekolah karena memiliki keterkaitan antara bantuan dengan peningkatan mutu sekolah.

Plt Kepala Dinas Pendidikan Riau H Hadi Miharja SPd MP, mengatakan, dari penyebaran informasi RBOS dan dana BOS perlu juga untuk diketahui proses peningkatan mutu pendidikan.

"Untuk mencapai itu tidak lepas dari tiga komponen strategis yang harus tercapai, yaitu terkait ketersediaan fasilitas terjangkau dan kualitas mutu," katanya saat dikonfirmasi wartawan RiauAktual.com, Senin (26/8/2013).

Tiga komponen tersebut mesti dicapai guna peningkatan mutu dan kualitas peserta didik maupun tenaga pendidik karena hal tersebut saling berkaitan.
 Penyebaran informasi bantuan tersebutlah untuk mengetahui arah dan kegunaan supaya tepat sasaran serta mampu terserap dengan maksimal.

"Proses pelaksanaan pendidikan jenjang tingkat menengah, pendidikan tingkat menengah merupakan jelmaan dari pendidikan wajib belajar 12 tahun sebagai kelanjutan wajib 9 tahun. Hanya saja jenjang pendidikan hingga tingkat SMK sederajat dinamakan dengan pendidikan menengah universal, jadi belum bisa dikatakan wajar 12 tahun karena belum ada payung hukum yang menaungi wajib 12 tahun," pungkasnya.

Ditulis: Ade Lestari

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index