SMK Akan Dikembalikan Kepada Fungsi Lama

SMK Akan Dikembalikan Kepada Fungsi Lama
Kasi SMK/SMA Muzailis. FOTO: Ade

PEKANBARU, RiauAktual.com - Konsep dari Walikota Pekanbaru H Firdaus MT meminta SMK dikembalikan kepada spesifik dulu, seperti STM khusus untuk teknik, SMEA untuk manajemen dan perbankan, serta SMKK pada perhotelan, tata busana dan tata boga.

Hal ini disampaikan Kasi SMK/SMA Muzailis, yang mengatakan, saat ini banyak jurusan yang sudah bercampur, misalkan untuk jurusan teknik juga terdapat jurusan bisnis. Dengan demikian Wako berharap bertambahnya SMK/SMK Negeri bisa dikembalikan kepada spesifik SMK seperti dulu lagi, layaknya saat kurikulum 1976 silam.

"Sebab menurut Wako itu akan lebih spesifik dan terarah kompetensi kepada salah satu SMK, untuk kekhawatiran SMK-SMK swasta dengan berdirinya SMK Negeri baru ini yang dapat menimbulkan kekhawatiran akan dapat mengurangi minat dan animo masyarakat terhadap SMK swasta, maka solusinya dengan berdirinya SMKN baru tidak akan ada penambahan jurusan maupun siswa," terang Muzailis saat ditemui wartawan RiauAktual.com di ruang kerjanya, Senin (26/8/2013).

Ini dikarenakan akan ada perampingan dari bidang keahlian SMK Negeri besar yang sudah ada dan banyak bidang keahliannya akan dipindahkan ke SMKN baru. Ini jugalah yang dapat membuat motivasi terhadap SMK swasta akan keamanan sekolah tidak terganggu.

"Lalu menurut Wako kemarin juga, menjelang tahun 2016 ini akan ada penambahan SMKN baru tiap tahunnya. Pada tahun ini akan ada penambahan SMKN baru di Jalan Badak yaitu SMKN 8," pungkasnya.

Laporan: Ade Lestari
Editor: Riki

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index