Preview Real Madrid vs Liverpool: Aroma Dendam di Laga Final

Preview Real Madrid vs Liverpool: Aroma Dendam di Laga Final
Foto: twitter Champions League

Riauaktual.com - Liga Champions 2017/2018 telah memasuki laga terakhir yang akan menampilkan pertandingan Real Madrid versus Liverpool di NSC Olympiysky Stadium, Minggu (27/5/2018) dini hari WIB. Dua kesebelasan top Eropa ini nantinya akan memperebutkan trofi bergengsi di kompetisi antarklub Eropa.

Madrid dan Liverpool memiliki tujuan yang sama, yakni menjadi juara di Liga Champions musim ini. Tim berjuluk Los Blancos mengincar gelar ketiga secara beruntun (hat-trick) di musim ini. 

Secara keseluruhan Madrid telah mengoleksi 12 gelar Liga Champions. Sementara Liverpool sudah mengumpulkan lima trofi di kompetisi antarklub Eropa. Tim berjuluk The Reds itu mencoba untuk mengulang memori akan kemenangan yang pernah dirasakannya pada 1981. 

Tahun itu, gol dari pemain bek kiri Alan Kennedy berhasil merobek gawang Madrid pada menit ke-82. Gol tunggal ini membawa Liverpool menjadi juara European Cup, laga yang setara dengan Liga Champions sekarang. Artinya, ada aroma dendam di laga final ini masih terasa. 

Bicara pengalaman, dua kesebelasan punya beberapa kenangan manis ketika tampil di final. Hanya saja, dalam dua musim terakhir, Madrid jauh lebih diuntungkan ketimbang lawannya tersebut. 

Pasalnya, dalam dua musim sebelumnya Madrid berhasil berada di final Liga Champions. Pasukan Zinedine Zidane mencatatkan namanya sebagai tim pertama yang mencapai final sebanyak tiga kali secara beruntun sejak Juventus. 

Bicara mengenai final. Madrid harus berhati-hati saat berhadapan dengan Liverpool, terutama barisan pertahanan Los Blancos. Maklum saja, Si Merah punya penyerang yang haus gol, yakni Mohamed Salah, Roberto Firmino, dan Sadio Mane. Total, 29 gol berhasil dicetak ketiga pemain tersebut di Liga Champions musim ini. 

Skenario yang dilakukan Madrid adalah mengubah gaya penguasaan bola yang biasa mereka lakukan. Pasalnya, Liverpool bakal menerapkan pressing ketat sambil melakukan transisi dari menyerang ke bertahan.

Tujuannya mencegah lawan melakukan serangan balik cepat. Inilah yang harus diwaspadai Madrid, sebab lini belakang Los Blancos agak sedikit rapuh dan doyan melakukan serangan. 

Mengenai skenario pemain yang akan diturunkan, sepertinya tidak akan berubah banyak. Madrid tetap mengandalkan Cristiano Ronaldo dan Karim Benzema di barisan depan. Sementara Kroos, Casemiro, Modric, dan Isco akan mengatur irama permainan di lini tengah. 

Prakiraan Susunan Pemain 

Real Madrid (4-3-1-2) Navas; Marcelo, Ramos, Varane, Carvajal; Kroos, Casemiro, Modric; Isco; Ronaldo, Benzema
Liverpool (4-3-3) Karius; Robertson, Van Dijk, Lovren, Alexander-Arnold; Milner, Henderson, Wijnaldum; Mane, Firmino, Salah

Head To Head 

Madrid 1-0 Liverpool 1-0
Liverpool 0-3 Madrid 0-3
Liverpool 4-0 Madrid 4-0
Madrid 0-1 Liverpool 0-1
Liverpool 1-0 Madrid 1-0

Lima Pertandingan Terakhir Real Madrid

Madrid vs Bayern 2-2
Barcelona vs Madrid 2-2
Sevilla vs Madrid 3-2
Madrid vs Celta 6-0
Villarreal vs Madrid 2-2

Lima Pertandingan Terakhir Liverpool

Liverpool vs Roma 5-2
Liverpool vs Stoke 0-0
Roma vs Liverpool 4-2
Chelsea vs Liverpool 1-0
Liverpool vs Brighton 4-0

 

Sumber: Sindonews.com

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index