Menag Sesali Rilis Rekomendasi 200 Penceramah Tak Tersebar Utuh ke Masyarakat

Menag Sesali Rilis Rekomendasi 200 Penceramah Tak Tersebar Utuh ke Masyarakat
Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin (Foto: Antara)

Riauaktual.com - Rekomendasi 200 mubalig yang dirilis sementara oleh Kementerian Agama (Kemenag) berbuntut panjang. Banyak pihak menanyakan dan mengkritil rekomendasi ini, ternasuk wakil rakyat yang duduk di Komisi VIII DPR RI.

Dalam rapat kerja antara Kementerian Agama dengan Komisi VIII, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin menjelaskan masalah rekomendasi ini. Menurut Lukman, rekomendasi ini keluar berawal dari permintaan masyarakat ataupun lembaga serta instansi pemerintahan untuk meminta nama-nama yang direkomendasikan sebagai penceramah.

"Kami sejak beberapa waktu belakangan ini dua tiga bulan dan bahkan sebelumnya terbiasa bisa per orangan, bisa kalangan lembaga atau instansi pemerintahan itu meminta masukkan kepada kami untuk bisa mendapatkan nama-nama penceramah," jelas Lukman di ruang rapat Komisi VIII, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (24/5/2018).

Lukman mengungkapkan, permintaan ini semakin bertambah saat Ramadan. Kemenag pun berkonsultasi dengan ormas-ormas Islam, alim ulama, serta sejumlah pengurus masjid di Indonesia untuk menentukan nama-nama yang akan direkomendasikan.

"Lalu kemudian kami menghimpun ada nama 200 itu," kata Lukman.

 

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index