Rehan Aulia Syahputra Lumbangaol, bocah 11 tahun ini terpaksa menjadi penjaga TPU Simpang Silandit, Kecamatan Padangsidimpuan Selatan, Kota Padangsidimpuan, demi menghidupi ayah dan neneknya yang sedang sakit. iNewsTV/Zia Nas

Bocah 11 Tahun Penjaga Kubur, Mengais Rezeki untuk Ayah dan Nenek yang Sakit

Sabtu,19 Mei 2018 - 18:55:20 WIB Di Baca : 1772 Kali

Riauaktual.com - Rehan Aulia Syahputra Lumbangaol, bocah 11 tahun ini  terpaksa menjadi penjaga Tempat Pemakaman Umum (TPU) Simpang Silandit, Kecamatan Padangsidimpuan Selatan, Kota Padangsidimpuan, demi menghidupi ayah dan neneknya yang sedang sakit. Bahkan, anak kedua dari tiga bersaudara itu terpaksa berhenti sekolah agar bisa menyambung hidupnya dan keluarga.

Rehan sejak umur 6 tahun sudah menjadi tulang pungung keluarganya dan selalu bersabar menjalani kehidupannya. Suatu sore bocah bertubuh mungil sedang membersihkan salah satu areal kuburan. Tangannya terlihat membersihkan rumput-rumput yang tumbut liar di lokasi TPU itu. 

Menurutnya, untuk memenuhi kebutuhan keluarga, dia terpaksa kerja dan berhenti sekolah. Dua tahun yang lalu, orang tuanya mulai sakit karena kecelakaan. Sejak saat itu, dia harus bekerja sendirian. Sehari-harinya, dia hanya mau memikirkan cara untuk mendapatkan uang. 

Tanpa uang, dia tidak bisa membantu ayah dan neneknya yang lagi sakit. Penghasilan dari penjaga dan membersihkan kuburan tidak menentu. Kadang, dia hanya mendapatkan Rp20.000. "Dari kerja di sini saya hanya dapat untuk membeli beras saja, makanya saya harus cari kerja tambahan," imbuhnya.  

Lebih lanjut dia mengatakan, apabila siang hari, dia terpaksa pulang ke rumah untuk membawa nasi bungkus, karena di rumahnya tidak ada yang memasak. Saat ini, dia sedang berusaha mengumpulkan uang untuk membawa orangtuanya berobat. Namun, dia tidak tau kapan, karena uang yang didapatkannya hanya untuk keperluan sehari-hari.

Rehan masih berharap untik bisa bersekolah lagi. “Saya berharap bisa sekolah lagi, tapi gimana mau sekolah, siapa yang ngasih nenek dan ayah makan,” tandasnya. (Wan)

 

Loading...

Sumber: Sindonews.com


Share Tweet Google + Cetak

Loading...
Tulis KomentarIndex
Follow Kami Index
FOLLOW Twitter @riauaktual dan LIKE Halaman Facebook: RiauAktual.com