Ingin berat badan turun saat Lebaran? Jauhi 4 makanan ini

Ingin berat badan turun saat Lebaran? Jauhi 4 makanan ini
Ilustrasi puasa. ©shutterstock.com/Skyline

Riauaktual.com -  Tak hanya menunaikan ibadah, bulan Ramadan juga merupakan momen tepat untuk memulai menjalankan pola hidup sehat. Salah satu manfaat yang bisa Anda dapatkan adalah berat badan yang turun.

Selain badan yang kian langsing, Anda pun bisa sehat sampai Lebaran tiba. Agar ibadah puasa sukses dan lancar hingga satu bulan penuh, sangat penting bagi Anda untuk memperhatikan menu makanan yang disantap saat sahur dan berbuka.

Adakah makanan-makanan yang perlu dihindari agar perut tidak "ngambek" saat puasa Ramadan? Dokter Karin Wiradarma dari Klik Dokter menjabarkan sebagai berikut:

Gorengan

Makanan sejuta umat ini harus dikurangi, terutama selama Anda menjalankan ibadah puasa. Sebab, makanan yang digoreng dengan banyak minyak dapat membuat badan melar, perut kembung, begah, serta meningkatkan kolesterol di dalam tubuh.

Manis

Berbuka dengan yang manis memang baik. Namun, ini bukan berarti Anda boleh mengonsumsi makanan tersebut seenak hati.

Karena makanan manis yang dikonsumsi berlebihan berisiko tinggi menyebabkan kenaikan berat badan, dan peningkatan kadar gula darah di dalam tubuh.

Asin

Makan tanpa garam memang kurang nikmat. Namun, bukan berarti Anda harus melulu konsumsi makanan yang berasa asin. Sebab, makanan yang terlalu asin dapat menyebabkan tekanan darah melonjak.

Gas

Jika tidak ingin kembung seat puasa, hindari makanan yang dapat memproduksi banyak gas. Makanan tersebut antara lain, kol, brokoli, dan kubis.

Dengan menghindari makanan-makanan di atas, ibadah puasa Anda diharapkan bisa lancar jaya dan tetap khusyuk hingga Lebaran tiba!

 

Sumber: Liputan6.com

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index