Delapan Heli Tempur Canggih Perkuat Militer Indonesia

Delapan Heli Tempur Canggih Perkuat Militer Indonesia
Menhan Ryamizard Ryacudu saat acara serah terima helikopter Apache AH-64E di Skadron 11 Serbu, Pangkalan Udara TNI Angkatan Darat Ahmad Yani Semarang,

Riauaktual.com - Delapan helikopter tempur jenis Apache AH-64E diserahkan Kementerian Pertahanan kepada Tentara Nasional Indonesia (TNI). 

Prosesi serah terima dipimpin langsung oleh Menteri Pertahanan (Menhan) Ryamizard Ryacudu di Skadron 11 Serbu, Pangkalan Udara TNI Angkatan Darat (Lanumad) Ahmad Yani Semarang, Jawa Tengah, Rabu (16/5/2018).

Hadir dalam acara tersebut, Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Mulyono beserta sejumlah perwira Mabes TNI, Wakil Duta Besar AS Erin Mckee, Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Wuryanto, serta Wakapolda Jateng Brigjen Pol Ahmad Lutfi.

Menhan mengatakan, serah terima delapan unit heli Apache AH-64E ini merupakan bagian untuk memperkuat alat utama sistem pertahanan (alutsista).

Menurut dia, Apache sebagai heli tempur serang yang berteknologi tinggi. "Apache AH 64E ini merupakan heli berteknologi paling canggih yang ada saat ini," ungkap Ryamizard, seusai serah terima heli Apache AH-64E.

Pihaknya berharap dengan keberadaan heli tempur di bawah TNI AD ini dapat memperkuat terpeliharanya kedaulatan NKRI, khususnya di wilayah darat.

“Saya minta agar heli Apache ini dijaga agar masa pakainya bisa seoptimal mungkin,” ujarnya. 

Oleh karena itu, dia meminta prajurit untuk mempelajari penggunaan heli Apache agar tidak ada kekeliruan yang tidak perlu.
Delapan Heli Tempur Canggih Perkuat Militer Indonesia
Wakil Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia, Erin Mckee mengatakan pembelian heli Apache AH-64E ini sebagai bentuk kemitraan strategis antara Amerika Serikat dan Indonesia dalam bidang pertahanan.  

“Delapan helikopter Apache dari Amerika Serikat ini adalah bukti lain dari kemitraan strategis kita yang kuat dan terus berkembang,” kata Erin.

Menurut dia, tambahan helikopter tersebut tidak hanya melengkapi kebutuhan Indonesia untuk meningkatkan dan memodernisasikan militernya, tapi juga meningkatkan kemampuan militer Indonesia dengan menyediakan teknologi pertahanan kelas dunia untuk melakukan operasi maritime dan pengawasan guna melindungi perbatasan terluar serta wilayah perairan. (Wan)

 

Sumber: Sindonews.com

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index