Minat Skutik Petualang X-ADV di IIMS?

Minat Skutik Petualang X-ADV di IIMS?
Honda X-ADV by Nazar Ray

Riauaktual.com - Skutik bongsor bergaya adventure Honda X-ADV ikut mejeng di boot Honda di IIMS JIExpo Kemayoran Jakarta.

Motor yang pertama kali tampil perdana di Sardinia, Italia ini cukup menyita perhatian pengunjung. Pasalnya, X-ADV berbeda dengan matik premium kebanyakan, lantaran skutik bongsor ini juga disiapkan untuk melibas medan tidak landai dan memakai rantai plus gir. Di Eropa motor ini dijual sekitar Rp 160 jutaan.

Sayangnya, kendati tidak sedikit pengunjung IIMS yang meminati, PT Astra Honda Motor (AHM) masih berat hati untuk segera menjualanya ke Tanah Air. Peminat skutik-skutik premium terus bergerak tidak mampu mendorong AHM buru-buru merilisnya. Namun AHM mengaku akan tetap memperhatikan keinginan pasar.

“Untuk IIMS kali ini kami baru display saja dulu. Namun tidak tertutup kemungkinan suatu saat nanti kami pasarkan juga. Namun hingga saat ini kami belum punya rencana itu (menjualnya),” kata Ahmad Muhibbuddin, Deputy Head of Corporate Communication AHM.

Honda X-ADV merupakan skutik yang menwarkan kepraktisan dan daya tarik sebagai motor matik penjelajah. Dibekali transmisi dual clutch, ada mode ‘D’ untuk berkendara normal dan mode ‘S’ bagi penyuka kecepatan dan tarikan yang responsif.

Motor ini juga mengadopsi mode transmisi manual dari Honda CRF1000L Africa Twin, berupa adanya tombol transmisi manual yang ditancapkan di setang. Uniknya, sistem transmisi semi otomatis ini tetap memakai rantai dan gir untuk penggerak roda belakang.

Pada bagian batok kepala, Honda menyematkan winshield adjustable yang bisa disetel sesuai kebutuhan pengendara. Bagasinya mampu menampung satu buah helm dan barang-barang bawaan lainnya.

Skutik offroad ini dipersenjatai mesin 745 liquid-cooled SOHC 8-valve parallel twin-cylinder yang berpadu dengan transmisi DCT dan menyemburkan tenaga 54 HP (40.3kW) pada 6.250 rpm serta torsi maksimum 50 ft/lb TQ (68Nm) pada 4.750 rpm.

 

 

Sumber : otosia.com

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index