Ini 13 Fakta Menarik Jelang Liverpool Vs Roma

Ini 13 Fakta Menarik Jelang Liverpool Vs Roma
Liverpool akan menjamu AS Roma di Stadion Anfield pada laga leg pertama semifinal Liga Champions, Rabu (25/4/2018) dini hari WIB. (uefa.com)

Riauaktual.com - Juara lima kali Liga Champions Eropa atau UEFA Champions League (UCL), Liverpool akan menghadapi AS Roma pada leg pertama babak semifinal di Stadion Anfield, Rabu (25/42018) dini hari WIB. Pertandingan ini diprediksi berjalan seru, mengingat kedua tim berstatus kuda hitam.

Jika Liverpool sudah lima kali mengangkat trofi Si Kuping Besar, Roma malah belum pernah. Bahkan penampilan di semifinal UCL musim 2017/2018 ini merupakan kali pertama sejak 1984 silam.

Menariknya, Roma yang lolos ke final kala itu takluk dari Liverpool lewat adu penalti di partai puncak yang berlangsung di Stadion Olimpico, Roma.

Berikut Pojoksatu.id merangkum 13 fakta menarik jelang Liverpool vs Roma:

1. Ini merupakan penampilan ke-10 Liverpool di babak semifinal UCL. The Reds mampu lolos ke final sebanyak tujuh kali.

2. Penampilan terakhir Liverpool di babak 4 besar terjadi satu dekade lalu, kala itu disingkirkan Chelsea.

3. Liverpool baru sekali menghadapi klub Italia di babak semifinal. Yaitu melawan Inter Milan pada musim 1964/65.

4. Liverpool merupakan tim paling produktif di Liga Champions musim ini. Mencetak 33 gol dalam 10 laga. Rata-rata gol The Reds mengalahkan catatan Real Madrid pada musim 2013/2014 yang mengemas 41 gol dalam 13 laga.

Adapun pemegang rekor gol terbanyak dalam satu musim sepanjang sejarah adalah Barcelona dengan 46 gol dalam 16 laga.

5. Ini merupakan kali ke-10 Roma menghadapi klub Inggris di fase knock out. Dan untuk melaju ke final, Edin Dzeko dkk harus mematahkan hasil negatif pada enam kesempatan sebelumnya.

6. Roma menghadapi klub Inggris di fase penyisihan grup musim ini, lawan Chelsea. Imbang 3-3 di Stamford Bridge lalu menang 3-0 di Olimpico.

7. Mohamed Salah yang menghabiska dua musim di Roma sebelum berseragam Liverpool, telah mencetak 8 gol di UCL musim ini. Salah juga selalu mencetak gol dalam 7 laga terakhir Liverpool di semua kompetisi

8. Edin Dzeko dicap sebagai pemain spesial laga krusial. Penyerang Roma ini sudah mencetak tiga gol di fase knock out musim ini, termasuk dua gol saat menghadapi Barcelona.

9. Roma kebobolan dua gol atau lebih dalam empat dari lima pertandingan tandang di UCL sejauh ini.

10. Pertandingan Liverpool vs Roma akan dipimpin Felix Brych. Wasit asal Jerman ini rata-rata mengeluarkan 4,2 kartu kuning dalam 48 pertandingan UCL dan sudah 15 kali mencabut kartu merah.

11. Pemain kedua tim sendiri terbilang jarang mengoleksi kartu. Para pemain Roma hanya 13 kali mendapat kartu kuning, sementara Liverpool 15 kali dalam 10 laga musim ini.

12. Selisih gol kedua tim cukup timpang. Roma mencetak 15 gol dan kebobolan 12 kali (+3), sementara Liverpool jauh lebih digdaya dengan mengemas 33 gol dan kebobolan 7 kali (+26).

13. Dalam 16 kali melakoni laga tandang lawan klub Inggris di kompetisi Eropa (termasuk di fase grup), Roma hanya sekali menang, imbang 6 kali dan kalah 9 kali.

 

Sumber : pojoksatu

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index