Untuk Pertama Kalinya, Paduan Suara Indonesia Juara EGP

Untuk Pertama Kalinya, Paduan Suara Indonesia Juara EGP
The Resonanz Children's Choir di European Grand Prix (EGP), Maribor, Slovenia. Foto/Viva.co.id

Riauaktual.com - Paduan suara anak yang didirikan oleh Avip Priatna, The Resonanz Children’s Choir (TRCC), berhasil mengharumkan nama bangsa Indonesia di kancah dunia dengan dinobatkan sebagai pemenang European Grand Prix (EGP) for Choral Singing, sebuah perhelatan bergengsi yang telah berlangsung selama 30 tahun. Kemenangan ini mengukir sejarah baru TRCC di dunia paduan suara, di mana untuk pertama kalinya paduan suara dari Indonesia menjadi juara EGP.

European Grand Prix in Choral Singing, yang tahun ini berlangsung di Maribor, Slovenia, Sabtu, 21 April 2018, merupakan acara yang mempertandingkan para juara umum dari enam kompetisi paduan suara paling disegani di Eropa.

"Saya bersyukur dan senang sekali TRCC untuk kesekian kalinya kembali mengharumkan nama Indonesia di kompetisi dunia, sekaligus mengukir prestasi baru sebagai paduan suara dari Indonesia pertama yang menjadi juara European Grand Prix in Choral Singing," ujar Avip Priatna, Direktur Musik The Resonanz Music Studio dalam rilis yang diterima VIVA, Minggu, 22 April 2018.

The Resonanz Childrens Choir di European Grand Prix (EGP), Maribor, Slovenia.

Lebih lanjut, konduktor muda Indonesia ini mengatakan, "Prestasi ini menunjukkan pada dunia bahwa Indonesia tidak hanya mampu menampilkan karya asal Indonesia saja, tetapi juga mampu menginterprestasikan karya-karya komposer dunia. Ini merupakan buah dari kerja keras para anggota TRCC yang menyediakan waktu untuk latihan, tak hanya di antara kegiatan sekolah mereka dan bahkan di akhir pekan."

Dengan 44 penyanyi anak-anak, TRCC tampil membawakan tujuh buah karya, yaitu Ad Amore karya Lee R. Kesselman, Duo Seraphim karya Thomas Luis de Victoria, Der Wassermann karya Robert Schumann, Salve Regina karya komposer Indonesia, Ivan Yohan, Steal Away Arr. Gwyneth Walker, 137 Hip Street karya komposer Indonesia, Fero Aldiansya Stefanus (b.1988), dan lagu tradisional Bali berjudul Janger yang diarransemen oleh Agustinus Bambang Jusana.

The Resonanz Childrens Choir di European Grand Prix (EGP), Maribor, Slovenia.

Pada kompetisi EGP ini, TRCC bersaing dengan para juara umum tahun 2017 dari kompetisi lainnya. Mereka adalah Allmänna Sången dari Swedia (juara umum International Choral Competition Gallus Maribor di Slovenia), Coro Musicanova dari Roma, Italia (juara umum Florilège Vocal de Tours, di Perancis), The Stockholms Musikgymnasium Chamber Choir dari Swedia (juara umum International May Choir Competition di Bulgaria), dan Beijing Philharmonic Choir dari Tiongkok (juara umum Concorso Polifónico Guido d'Arezzo di Italia).

Kemenangan dalam European Grand Prix for Choral Singing ini melengkapi deretan prestasi yang berhasil diukir oleh TRCC. Pada 2-5 November 2017 yang lalu, TRCC berhasil meraih juara pertama pada kategori Children’s Choir, Public Audience Award dan meraih Juara Umum pada ajang 49th Tolosa Choral Contest yang berlangsung tanggal di kota Tolosa, Spanyol.

TRCC juga memenangkan Juara Umum pada Musica Eterna Roma International Choral Competition and Festival pada bulan Juli 2017 lalu.  (Wan)

 

Sumber: Viva.co.id

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index